Take a fresh look at your lifestyle.

Empat Sekolah Terima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Jateng

240

SLAWI-Empat sekolah di Kabupaten Tegal menerima penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Jateng dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (DLHK) Jateng. Sekolah tersebut, akan maju ke level nasional tahun depan.

Empat sekkolah tersebut, yakni SMA 1 Pangkah, yang juga dinilai sebagai Pelaksana Terbaik III , kemudian SMA 2 Slawi, SMA 1 Kramat dan SMP 1 Margasari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Agus Subagyo bersama Kabid Dikdas Dikbud , Taufik Hidayat dan kepala sekolah penerima penghargaan hadir menerima penghargaan tersebut di  Sasana Widya Praja BPSDM Jateng, Kota Semarang, Jumat (13/9) lalu.

“Kami mengapresiasi sekolah yang menerima penghargaan adiwiyata tingkat Jateng, terlebih kepada SMA 1 Pangkah yang menjadi Pelaksana  Terbaik III,”sebutnya, kemarin.

Agus menyebutkan, tahun ini, Kabupaten Tegal mengajukan 13 sekolah untuk mengikuti penilaian adiwiyata tingkat Jateng. Dari 13 sekolah, hanya tujuh sekolah lolos seleksi admininistrasi. Dari jumlah tersebut, empat sekolah berhasil mendapat penghargaan adiwiyata tingkat Jateng 2019.

Penilaian mencakup empat komponen, yakni,  kebijakan berwawasan lingkungan hidup, yang dinilai visi dan misi serta implementasinya, kurikulum berbasis lingkungan hidup (pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran di setiap tingkatan), kegiatan K3 berbasis partisipatif seluruh warga sekolah  dan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan hidup.

Diharapkan,  penghargaan tersebut diharapkan tak hanya sebagai kebangaan bagi sekolah, namun juga pemicu inovasi untuk menyelesaikan persoalan lingkungan.

Menurutnya, saat ini terdapat satu sekolah adiwiyata mandiri yakni SMK 1 Adiwerna, yang saat ini persiapan  mengikuti Asean  Eco School di Kamboja. SMK 1 Adiwerna membuat alat ukur pencemaran udara dan pencemaran suara melalui android.

Selain itu, ada delapan sekolah adiwiyata nasional, yakni SMP  1 Slawi, SMP  1 Talang, SMP  2 Balapulang, SD  1 Kabunan, SMP 2 Talang, SMP  1 Pangkah, SMK  2 Slawi dan SMK  1 Bumijawa. Disamping itu, terdapat 19 sekolah adiwiyata provinsi dan 57 sekolah adiwiyata tingkat kabupaten. (Sari/Red 6)

BERITA LAINNYA