Take a fresh look at your lifestyle.

Empat Kepala OPD di Pemkot Tegal Masih Dijabat Plt

150

TEGAL – Empat jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Tegal hingga kini masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt). Dari jumlah tersebut, tiga kepala OPD definitif sebelumnya sudah memasuki pensiun dan satu lainnya dimutasi untuk mengisi formasi jabatan lainnya di lingkungan Pemkot Tegal. Hal itu berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tegal.

Menurut Kepala BKPPD, Irkar Yuswan Apendi, empat jabatan kepala OPD yang saat ini belum terisi secara definitif yakni Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) dan Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, serta Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). “Agar kinerja OPD tidak timpang dan terganggu, jabatan kepala sementara dilimpahkan ke Plt atas petunjuk dan kewenangan pejabat pembina kepegawaian / wali kota,” jelasnya.

Dia mengemukakan, pejabat Plt di empat OPD tersebut, yaitu Gito Musriyono yang menjabat juga menjabat sebagai staf ahli wali kota ditunjuk sebagai Plt Kepala Bappeda sejak 2018. Selanjutnya, Sugeng Suwaryo ditunjuk sebagai Plt Kepala DPPKBP2PA yang sekaligus menjabat staf ahli wali kota. Kemudian Plt Kepala Kesbangpol dijabat Budi Saptaji yang merangkap jabatan sebagai Camat Tegal Selatan. “Untuk Plt Kepala Dinkop UKM dan Perdagangan masih menunggu persetujuan wali kota,” katanya.

Irkar menyampaikan, untuk mengisi kekosongan jabatan, pimpinan OPD sementara dikelola Plt sambil menunggu inventarisasi pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan. Proses inventarisasi formasi Pansel lelang jabatan sepenuhnya menjadi kewenangan Wali Kota Tegal sebagai pejabat pembina kepegawaian daerah. Dengan demikian, untuk waktu pelaksanaan dan mekanisme penyusunan Pansel masih dalam tahap persiapan kelengkapan administrasi dan formasi Pansel sesuai arahan wali kota.

Sementara itu, Kabid Mutasi Kepangkatan dan Pembinaan BKPPD, Slamet Wahyono menambahkan, selain empat formasi pimpinan OPD definitif yang kosong dua pejabat pemangku wilayah (camat) juga diisi pejabat Plt. Yakni, Plt Camat Tegal Barat Ilham Prasetyo dan Plt Camat Margadana Ali Rosidi. Sedangkan, untuk tiga pejabat definitif sebagai Kepala OPD yang memasuki masa pensiun meliputi Dyah Triastuti, Khaerul Huda, dan Imam Teguh Sutopo. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA