Take a fresh look at your lifestyle.

Dukung Pembangunan Islamic Center Batang

115

BATANG- Rencana Pemkab Batang membangun Islamic Center di lahan pangkalan truk Dukuh Petamanan,  Kecamatan Banyuputih yang kini menjadi tempat lokalisasi didukung banyak pihak. Bupati Batang Wihaji diharapkan terus melaksanakan rencana tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

” Kami mendukung penuh penuh rencana Pemkab Batang membangun Islamic Center. Kami minta terus laksanakan prosesnya sesuai aturan yang berlaku,” ujar Wakil Ketua DPRD Batang Nur Untung Slamet, Jum’at (25/9).

Dia mengatakan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan pembangunan Islamic Center di Banyuputih. di tempat tersebut akan menjadi pusat kegiatan agama seperti untuk tempat manasik haji, pengajian, dan kegiatan berdimensi religius lainnya.

Selama ini, kata Untung, warga Batang kalau ingin manasik haji harus ke Pekalongan karena belum ada tempat yang representatif dalam ukuran yang luas. Dengan adanya Islamic Center, maka warga Batang akan bisa melaksanakan manasik di daerah mereka sendiri.

” Keberadaan Islamic Center juga akan menggeser image kurang baik di tempat tersebut yang saat ini menjadi tempat lokalisasi. Kawasan ini akan berubah menjadi tempat diadakannya kegiatan- kegiatan positif. Selain itu, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi sebagai dampak dari kegiatan
yang digelar di Islamic Center,” tuturnya.

Untung yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Batang ini mengungkapkan, pro dan kontra dalam pembangunan itu biasa. Namun yang terpenting adalah berpikir tentang kemanfaatan terbesar bagi masyarakat.

Dirinya menambahkan, Islamic Center juga akan menciptakan pemerataan
pembangunan dan mengurangi kesenjangan wilayah. Geliat ekonomi dan perkembangan ekonomi akan hadir di daerah Kecamatan Banyuputih dan wilayah sekitarnya seperti Gringsing, Limpung dan Tersono.

Islamic Center juga akan membuat keseimbangan dalam konteks lebih luas. Pasalnya dalam waktu dekat akan ada pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang menghadirkan berbagai perusahaan berskala besar dan internasional, serta tenaga kerja dalam jumlah banyak.

” Keberadaan Islamic Center akan bisa menghadirkan keberimbangan antara sisi ekonomi, sosial dan spiritual di tengah wilayah yang diprediksi ke depan akan berkembang pesat. Jadi harus disiapkan dan diantisipasi dari sekarang,” kata Untung.

Sebelumnya, Bupati Wihaji mengatakan, Pemkab Batang berencana akan membangun gedung Islamic Center di pangkalan truk yang ada di Dukuh Petamanan, Kecamatan Banyuputih. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada hasil Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan. Lokasi pembangunan Islamic
Center sudah dikaji sejak awal Tahun 2019.

” Dari hasil FS, lokasinya ditetapkan di Dukuh Petamanan, Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih. Keberadaan pangkalan truk di Banyuputih sejak dibangunnya jalan tol, pendapatan asli daerah (PAD) yang didapat dari retribusi parkir sudah mengalami penurunan. Sehingga diputuskan
lokasi tersebut agar punya nilai manfaat yang lebih bagi kemaslahatan umat,” katanya. (Trisno Suhito-red17)

BERITA LAINNYA