Take a fresh look at your lifestyle.

Dua Truk Tangki Air Dinsos Dibiarkan Ndongkrok

108
  • Disaat Pemkab Terkendala Armada Bantuan Air Bersih

BREBES – Dua unit truk tangki air bersih milik Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes dibiarkan ndongkrok di halaman parkir kantor tersebut, kemarin (5/9). Padahal saat ini Pemkab Brebes sangat membutuhkan armada tangki air bersih untuk droping kepada warga yang mengalami kekeringan.

Pantauan di lapangan, Kamis (5/9), dua unit truk tangki bantuan pemerintah pusat itu terlihat terparkir di halaman kantor Dinsos Pemkab Brebes. Kondisi kedua kendaraan berplat merah dengan nomor polisi B itu terlihat masih sangat layak. Bahkan, bagian depan truk tangki masih nampak baru. Namun di bagian tangki air terlihat sedikit cat yang terkelupas dan muncul karat. Meski terlihat baru, tetapi keadaannya dipenuhi debu. Di beberapa bagian juga telah muncul sarang laba-laba, seperti kendaraan yang lama dibiarkan tidak dipakai.

Saat seorang staf kantor mencoba membuka bagian nozel atau lubang di atas tangki, juga masih berfungsi dan tidak mengalami kesulitan membukanya. Informasi di lapangan menyebutkan, truk tangki berwarna biru bertuliskan Depkimpraswil itu sudah setahun tidak digunakan dan dibiarkan ndongkrok di tempat parkir. Keadaan itu berbalik 360 derajat dengan kondisi Pemkab Brebes yang saat ini sangat membutuhkan armada tangki untuk droping bantuan air bersih ke warga yang terdampak kekeringan. Itu lantaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes hanya memiliki satu armada tangki air.

Seperti diberitakan sebelumnya, bantuan air bersih bagi warga di Kabupaten Brebes, hingga kini belum bisa menjangkau seluruh daerah yang terdampak kekeringan. Hingga akhir Agustus, bantuan air bersih yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes baru bisa menjangkau sebanyak 8 kecamatan, dari 14 kecamatan yang mengalami kesulita air bersih. Itu terjadi lantaran BPBD Kabupaten Brebes terkendala minimnya jumlah armada tangki air bersih yang dimiliki. BPBD hanya memiliki satu unit armada tangki air bersih, dan itu pun kendaraan yang dipinjamkan oleh Pemprov Jateng.

Sekretaris Dinsos Pemkab Brebes, Ikhsanudin mengatakan, kedua truk tangki air bersih itu kondisinya masih layak pakai dan bisa dioperasikan. Namun instansinya tidak menfungsikan dua kendaraan tersebut karena terkendala anggaran operasional yang tidak ada. Alokasi anggaran bantuan droping air bersih itu kini berada di BPBD sebagai instansi yang menangani. Untuk itu, apabila BPBD membutuhkan kedua kendaraan tersebut pihaknya mempersilahkan. “Ini karena untuk bantuan air bersih sudah ditangani BPBD dan anggarannya sudah ada di sana (BPBD-red), Kalau BPBD mau meminjam kedua kendaraan itu kami persilahkan,” katanya.

Ia meluruskan, jika kedua kendaraan itu bukan tidak digunakan sama sekali, tetapi tetap digunakan hanya tidak maksimal. Bahkan, beberapa bulan lalu satu unit truk juga digunakan untuk menyalurkan bantuan air bersih. “Jadi bukan tidak digunakan, tapi penggunaannya yang tidak maksimal karena mendala anggaran,” pungkasnya.

(Setiawan/ red2)

BERITA LAINNYA