Take a fresh look at your lifestyle.

Dua Anggota Komplotan Curanmor Lintas Daerah Diringkus

- Beraksi di 15 TKP

206

BREBES – Dua anggota komplotan spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang beroperasi lintas daerah, berhasil diringkus tim Resmob Satreskrim Polres Brebes, kemarin. Sementara tiga anggota komplotan lainnya hingga kini masih buron, dan dikejar polisi. Komplotan spesialis curanmor itu selama ini telah beraksi di sebanyak 15 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kedua tersangka adalah Rudi bin Rahman, warga Kabupaten Brebes dan Suryanto alias Sakim, warga Kabupaten Pemalang. Mereka ditangkap di dua tempat berbeda. Kali pertama, polisi meringkus tersangka Rudi di tempat persembunyiannya. Yakni, di sebuah penginapan di kawasan wisata Baturaden, Kabupaten Banyumas, Sabtu (13/3). Kemudian menyusul penangkapan tersangka Suryanto, di wilayah Kabupaten Pemalang. Polisi terpaksa melumpuhkan pelaku dengan timah panas di kakinya, karena berusaha melawan dan kabur saat akan ditangkap. Dari tangan kedua pelaku tersebut, polisi juga mengamankan sedikitnya 3 unit sepeda motor berbagai jenis sebagai barang bukti.

Terbongkarnya aksi komplotan pelaku curanmor itu, berawal dari kasus pencurian sepeda motor di Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes, pada 28 Desember 2020. Sebuah sepeda motor Yamaha WR 155 yang tengah diparkir di depan sebuah rumah hilang. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Mapolres Brebes. Atas laporan itu tim Resmob Satreskrim Polres Brebes, yang dipimpin Kanit I Aiptu Titok Ambar Pramono melakukan pengejaran, hingga akhirnya berhasil menangkap dua dari lima pelaku.

“Dari hasil penyelidikan, tim Resmob kami berhasil menangkap dua pelaku di dua tempat berbeda. Pertama, seorang pelaku kami tangkap di Banyumas dan seorang lagi di Pemalang,” kata Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Agus Supriyadi, Jumat (19/3), di kantornya.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Kasat, para pelaku sudah melakukan aksi pencurian sepeda motor di sebanyak 15 TKP. Rinciannya, sebanyak 8 TKP di Kecamatan Kersana, 1 TKP masing-masing di Kecamatan Bulakamba dan Wanasari. Sedangkan sisanya dilakukan di wilayah Kabupaten Banyumas. Sedangkan sepeda motor hasil curiannya tersebut, oleh pelaku sebagian dijual di wilayah Jawa Barat, dan sebagian lagi dijual di wilayah Banyumas. “Dari dua tersangka yang kami tangkap ini, satu tersangka (Rudi-red) menjalani proses hukum di Polres Brebes. Sedangkan satu tersangka lain (Suryanto-red) menjalani proses hukum di Polres Banyumas. Ini karena tersangka itu TKP aksi pencuriannya ada di Banyumas,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hingga kini kasus tersebut masih terus dikembangkan. Termasuk, melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang masih buron. Selain mengamankan tersangka dan sepeda motor hasil curian, pihaknya juga mengamankan alat yang digunakan untuk melancarkan aksinya. Di antaranya, tiga buah mata kunci T, sebuah kunci T, sebuah helm dan jaket. “Atas perbuatannya ini, kedua pelaku kami jerat pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun,” pungkasnya.

(T07_red)

BERITA LAINNYA