Take a fresh look at your lifestyle.

Dr Aqua Tularkan Tips Kerja Optimal ke Karyawan Hotel Pesonna Tegal

216

TEGAL – Tingkatkan kinerja karyawan guna mencapai hasil yang berkualitas, sekitar 53 kru Pesonna Hotel Tegal mengikuti seminar bersama Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana, Senin (9/3) siang.

Puluhan karyawan yang terdiri dari berbagai bidang itu diberikan tips guna mencapai kinerja optimal dengan kerja tim yang lebih efektif dan efisien.

Dijelaskan Dr Aqua, kinerja sukses sangat berkaitan erat dengan hubungan kerja tim yang solid dan tetap bersatu. Untuk mencapainya, perlu diterapkan komunikasi ‘REACH’ yang memiliki arti Respect, Emphaty, Audible, Clarity dan Humble.

Respect dikandung maksud, menghormati orang lain, serta tidak pernah merasa hebat dan selalu melayani klien secara totalitas. Sementara Emphaty, selalu mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Termasuk memahami peran serta tanggungjawab masing-masing.

“Perlu kita terapkan menghormati orang lain. Tidak merendahkan jabatan orang lain sebagai tindakan kepedulain,” bebernya.

Tak hanya itu, Dr Agua juga membeberkan makna audible, yang berarti dapat mendengar dengan baik atau dipahami dengan baik. Dia juga mengingatkan kepada peserta seminar untuk bisa menerapkan Clarity atau cara berkomunikasi dengan siapapun dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Pria kelahiran Pematang Siantar ini juga menyarankan, bila didapati seorang klien yang mengenakan bahasa Jawa, maka para karyawan dapat ikut mengimbangi menggunakan bahasa Jawa, agar lebih mengakrabkan.

“Terakhir humble, rendah hati dan tidak sombong. Kata lain tawadhu. Karena memang tidak ada yang bisa disombongkan,” katanya.

Ia berpesan, paling utama adalah membuat klien atau pelanggan bahagia dengan pelayanan. Dengan begitu, para klien akan sendirinya menjadi marketing sukarela dari mulut ke mulut.

Aqua juga mengingatkan, agar sesama karyawan tidak saling iri dan dengki. Ditegaskan dia, tidak ada pesaing dalam satu perusahaan. Karena yang menjadi pesaing adalah hotel- hotel yang lain.

Sementara General Manager Pesonna Hotel Tegal, Saunan Rasyid mengatakan, tujuan dari kegiatan sharing dan motivasi bersama Aqua Dwipayana untuk meningkatkan kinerja karyawan di seluruh lini.

Saunan berharap, dengan dibekalinya ilmu serta pengetahuan tersebut, para karyawan dapat bekerja lebih giat, tekun dan yang utama tetap mengedepankan rasa ikhlas agar hasil yang dicapai dapat berkualitas.

“Pesertanya semua karyawan di setiap bidang. Dengan tingginya dedikasi dalam bekerja pada setiap pekerja, harapannya Pesonna Hotel bisa menjadi rujukan utama para pencari akomodasi di Tegal Laka-laka,” tukasnya. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA