Take a fresh look at your lifestyle.

DPRD Tinjau Sumber Air PDAM di Bumijawa

149

TEGAL – Sejumlah anggota DPRD Kota Tegal melakukan tinjauan langsung ke sumber mata air PDAM Kota Tegal yang berada di Bumijawa Kabupaten Tegal, kemarin. Rombongan dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD sementara, Habib Ali Zaenal Abidin dan didampingi Direktur PDAM, Tatang Suandi.

Menurut Habib Ali, dari hasil tinjauan tersebut, untuk sumber air di Bumijawa Kabupaten Tegal sekitar 57 liter/detik yang digunakan untuk melayani sekitar 5.700 sambungan pelanggan. Kemudian, dari PDAB Kaligiri sekitar 115 liter/ detik, dan SPAM Bergas sekitar 200 liter/detik namun untuk sementara pelaksanaannya baru sampai hanya 139 liter/detik. “Untuk Kaligiri dari 117 liter /detik, namun untuk sementara pelaksanaannya baru 8 liter per detik,” katanya.

Dia mengemukakan jumlah pelanggan PDAM Kota Tegal hingga 18 September 2019 yakni 29.742 pelanggan. Pihaknya berharap agar PDAM melakukan kajian terkait ketersediaan air minum dan pelanggan yang sudah terdaftar. “Harapannya warga Tegal Timur terutama Jalan Perintis Kemerdekaan dan sekitarnya yang belum mendapatkan air bersih agar segera teraliri,” katanya.

Habib Ali menambahkan, dari salah satu sumber mata air di Bulakan Bumijawa, dibawah terpasang tiga pipa dengan diameter 250 cm. Dari mata air tersebut bisa terealisasi air kurang lebih 100 liter /detik dan yang 30 adalah untuk kepentingan irigasi, sehingga 70 liter bisa dimanfaatkan untuk PDAM Kota Tegal. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA