Take a fresh look at your lifestyle.

DPRD Rekomendasikan Aktivitas Proyek Jalan Ahmad Yani Dihentikan Sementara

348

TEGAL, smpantura.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, merekomendasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, untuk menghentikan sementara aktivitas proyek City Walk Jalan Ahmad Yani.

Itu mengemuka, setelah DPRD setempat menggelar rapat konsultasi pimpinan yang dihadiri pimpinan alat kelengkapan dan fraksi atau mewakili kelembagaan penuh, Senin (4/10) siang.

Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro mengatakan, sejak awal beberapa fraksi memberikan saran dan masukan, terkait pembangunan Jalan Ahmad Yani menjadi kawasan City Walk Malioboronya Tegal.

“Saran masukan tersebut disampaikan melalui pendapat umum fraksi dan juga pendapat akhir fraksi,” ujar Kusnendro.

Bahkan, dalam pembahasan RAPBD Ubahan tidak kurang-kurang seluruh fraksi menyikapi proyek Jalan Ahmad Yani, karena berdampak luas terhadap aktivitas masyarakat.

Termasuk pula adanya gelombang penolakan dari elemen masyarakat, setelah proyek tersebut berjalan pada awal September 2021 lalu. Baik melalui aksi damai, audiensi hingga gugatan perwakilan kelompok atau action class.

“Dari seluruh pandangan yang ada, maka kami menyimpulkan agar Pemkot Tegal menghentikan sementara proyek pembangunan Jalan Ahmad Yani dengan berbagai macam pertimbangan,” tegasnya.

Pertimbangan tersebut, sambung Kusnendro, yakni belum adanya studi kelayakan dan keberatan dari masyarakat yang sudah dibuktikan class action ke Pengadilan Negeri (PN) setempat.

Bahkan, para pemilik toko secara pribadi juga telah menemui pihaknya dan ditindaklanjuti Dinkop UMKM Perdagangan dengan mengundang pemilik toko, yang kemudian para pemilik toko meminta ada perubahan desain.

“Sampai hari ini belum ditanggapi Pemkot Tegal, sehingga kami berkesimpulan agar dilakukan penundaan proyek Jalan Ahmad Yani sambil menunggu pemenuhan dari berbagai aspek agar pembangunan tidak salah,” paparnya.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, aspirasi masyarakat perlu dihargai, sehingga pemkot bisa memberikan kebijakan yang lebih pro terhadap warga tentang pembangunan City Walk.

“Rencana hari ini sekretariat menyusun rekomendasi dan secepatnya diserahkan ke pemkot,” tutupnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA