Take a fresh look at your lifestyle.

DPRD Brebes Bentuk Pansus Covid-19, Ini Tujuannya

141

BREBES – DPRD Kabupaten Brebes menetapkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) virus korona atau Covid-19, melalui rapat paripurna, Selasa (12/5). Pansus Covid-19 dibentuk lembaga wakil rakyat itu, dalam upaya mendorong percepatan penanganan Covid-19, yang dilaksanakan Tim Gugus Tugas Kabupaten Brebes.

Rapat paripurna pembentukan Pansus Covid-19 DPRD Brebes itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Brebes, Moh Taufik. Hadir juga Bupati Brebes, Idza Priyanti dan Wakil Bupati Brebes, Narjo. Terpilih sebagai Ketua Pansus Covid-19 DPRD Brebes, Sukirso dari Fraksi PDIP dan Wakilnya Ghofar Mughni dari Fraksi PKB.

Wakil Ketua DPRD Brebes, Wurja mengatakan, pembentukan Pansus dilatarbelakangi keprihatinya DPRD terhadap kasus Covid-19 di Brebes dan penanganannya. Untuk itu, keberadaan Pansus tersebut dimaksudkan untuk mendorong percepatan penanganan Covid-19 di Brebes. Di samping itu, Pansus juga mempunya tugas dan kewenangan terkait pengawasan anggaran penanganan Covid-19 dan pelaksanaan penanganan di lapangan. “Salah satu fungsi Pansus ini adalah mengawasi penyerapan anggaran penanganan Covid-19, yang berasal dari refokusing APBD tahun 2020 ini. Sehingga, penyerapannya tepat sasaran,” terangnya.

Menurut dia, DPRD melihat penanganan Covid-19 yang dilaksanakan selama ini cukup prihatin. Salah satunya, penanganan klaster Itijma Gowa Sulawesi Selatan, yang baru terdeteksi setelah sebulan mereka pulang ke Brebes. Kemudian, terkait pemenuhan masker kepada masyarakat yang hingga kini masih banyak belum mendapatkan. “Untuk itu, adanya Pansus ini bisa ikut menyelesaikan kendala-kendala yang terjadi di lapangan dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Keberadaan Pansus Covid-19, lanjut dia, juga untuk memastikan berbagai program penanganan Covid-19 dapat terlaksana tetap sasaran. Mengingat, banyak program bantuan bagi warga yang terdampak disalurkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Bantuan itu baik bantuan sosial maupun bantuan alat pelindung diri ke masyarakat, seperti masker. “Jadi, keberadaan Pansus Covid-19 ini juga untuk memastikan bantuan bagi warga terdampak tepat sasaran,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA