Take a fresh look at your lifestyle.

Dosen Belum Banyak Tahu Trik Menulis Jurnal Internasional

197

TEGAL – Salah satu sebab karya tulisan dosen sulit masuk publikasi ilmiah bertaraf nasional maupun internasional, antara lain, lantaran belum banyak yang tahu trik menulis di jurnal bertaraf internasional.

Kondisi tersebut menjadi salah satu alasan Koordinasi DosenYayasan (Kodyas) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar kegiatan ”Academic Writing Clinic” dengan mengusung tema ”Writing International Scentific Paper”, di Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti, perguruan tinggi tersebut, Kamis (15/8).
”Jadi ini memang salah satu alasannya, kami menggelar kegiatan ini. Harapannya dosen Kodyas UPS Tegal kian termotivasi, dan dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Termasuk dapat membanjiri jurnal bertaraf nasional dan internasional,” terang Ketua Kodyas Noor Zuhri MSi.
Menurut dia, kegiatan yang diikuti sekitar 150 dosen perguruan tingginya, merupakan salah satu bentuk konsultasi dan pemerolehan kiat dan trik agar karya tulis ilmiah dosennya dapat lolos di jurnal internasional.
Atas landasan semangat itulah, tiap dosen yang hadir, sudah membawa artikel ilmiah yang akan dikonsultasikan ke narasumber. Itu agar dapat difasilitasi, dan memenuhi syarat lolos diterbitkan di jurnal dimaksud.
Narasumber kegiatan itu, dosen Universitas Muhamadiyah Magelang (UMM) sekaligus sebagai Reviewer International Journal of Registrasion Scopus Q1, Dr Muji Setiyo ST MT. Dia merupakan dosen yang sudah sering menulis artikel ilmiah di berbagai publikasi taraf nasional dan internasional. Kemudian Kepala Devisi Publikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Zulifikar Bagus Pambuko MEI. Dia juga dosen yang memiliki kerap menulis di sejumlah jurnal yang bereputasi nasional dan internasional.
Trik Menulis
Kepada dosen Kodyas UPS Tegal, Dr Muji Setiyo ST MT mengungkapkan trik menulis karya ilmiah dimaksud. Antara lain, perlu memperhatikan pemilihan tema yang sedang in atau sexy (Seksi) sehingga mengandung unsur kebaruan.
Penulisan artikel yang akan di submit harus langsung ke pokok masalahnya. Apakah penting atau tidak. Juga metode yang disajikan memiliki kebaruan, dan kejelasan analisa data yang digunakan, agar editor langsung menangkap isi artikel.
Sisi bahasa yang digunakan, kata dia, sebaiknya menggunakan bahasa Inggris yang mudah dipahami, dan tata bahasa yang baik. Penggunaan gambar dan tabel juga diperlukan, untuk memperjelas maksud tulisan dalam artikel.
Hal lain yang menjadi perhatian editor jurnal internasional, lanjut dia, antara lain, dengan selalu melakukan sitasi jurnal-jurnal yang bereputasi internasional. Selain itu penulis artikel selalu menyitasi pakar yang sesuai bidang yang diteliti atau ditulis.
Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya dapat meningkatkan kualitas dosen, dengan masuknya karya ilmiah mereka dapat masuk publikasi karya ilmiah yang bereputasi bagus.
Dia juga mengungkapkan masalah masih rendahnya publikasi ilmiah dosen. Sehingga peringkat pendidikan kurang terdongkrak. “Dengan kegiatan ini diharapkan dosen UPS Tegal dapat menghasilkan dan meningkatkan kualitas hasil penulisanya dan dapat dipublikasikan di jurnal yang bereputasi bagus,” tandas Rektor yang membuka kegiatan klinik penulisan jurnal internasional itu.

(Riyono Toepra/red2)

BERITA LAINNYA