Take a fresh look at your lifestyle.

Dorong Mahasiswa Melek Politik Lewat Program KPU Brebes Mengajar

47

BREBES, smpantura.com– Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Brebes, mendorong para mahasiswa agar melek politik. Upaya itu dilakukan melalui program KPU Brebes Mengajar, dengan sasaran mahasiswa, Jumat (18/6)

Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi mengatakan, mahasiswa sebagai agent of change dituntut untuk melek politik, khususnya terhadap agenda Pemilu. Mahasiswa juga harus menjadi pioneer dalam upaya peningkatan menjadi pemilih yang cerdas. “Mahasiswa yang memiliki nilai plus, adalah mahasiswa yang melek politik, tahu tentang agenda Pemilu dan seluk beluknya. Termasuk juga mengenal KPU sebagai penyelenggara Pemilu,” katanya saat mengisi kegiatan itu di KPU Brebes.

Menurut dia, jangan sampai mahasiswa malah menjadi masyarakat yang apatis terhadap politik dan Pemilu. Apalagi menjadikan masyarakat tidak percaya terhadap politik dan kemudian menjadi golput. Saat ini, mahasiswa menjadi salah satu kelompok masyarakat yang menjadi panutan. Di mana, apa yang dilakukan mahasiswa, bisa saja diikuti oleh kelompok masyarakat yang lain.

“Program KPU Mengajar ini merupakan upaya kami untuk menjadikan mahasiswa melek politik dan menjadi pemilih yang cerdas,” jelasnya.

Bukan hanya itu saja, lanjut Riza, ke depan mereka juga bisa menjadi penyelenggara Pemilu, mulai dari tingkat KPPS hingga KPU. Termasuk juga di lembaga lain seperti Bawaslu, bahkan tidak menutup kemungkinan mereka juga aktif di partai politik dan menjadi wakil rakyat. “Kalau bukan mereka, siapa lagi penerus di lembaga-lembaga politik yang ada, baik di daerah maupun pusat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Riza juga berkesempatan memberikan door prize berupa buku, yang merupakan hasil pemikirannya selama ini. Di antaranya adalah Jurnalistik Teori dan Praktik, DPRD Kabupaten Brebes Dari Masa ke Masa, dan Mengawal Pemilu di Daerah. “Buku-buku ini kami harapkan bisa menjadi salah satu rujukan bagi mahasiswa dalam memehami politik dan Pemilu,” pungkasnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA