Take a fresh look at your lifestyle.

Dophin Center Dibuka Penuh

126

BATANG- Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Batang Wahyu Budisantoso resmi membuka Taman Safari Batang Dolphin Center (BDC) secara keseluruhan di masa adaptasi kebiasaan baru.

Sebelumnya, obyek wisata andalan Batang tersebut tutup selama tiga bulan karena pandemi covid- 19. Selanjutnya, dilakukan simulasi dengan menerapkan protokol kesehatan buka tapi terbatas.

Namun setelah dievaluasi Tim Gugus Tugas Kabupaten Batang, taman safari BDC direkomendasikan oleh Gugus Tugas Kabupaten Batang, Minggu (26/7) dibuka secara keseluruhan.

” Tahap pertama dalam satu minggu pengunjung kita batasi 20%, satu minggu selanjutnya naik 50 %, setelah dua minggu tidak ada persoalan dan klaster baru penularan covid-19. Minggu ini kita buka secara keseluruhan,” jelas Wahyu.

Wahyu juga mempersilahkan BDC melakukan promosi secara terbuka. Pihaknya juga akan melakukan hal yang sama kepada objek wisata lainnya yang sudah memenuhi syarat.

Manajer Operasional Taman Safari BDC Bagus Wijaya Danu, mengatakan telah menerapkan protokol kesehatan. Bagi karyawan wajib menggunakan masker, face Shield serta sarung tangan, pengukur

suhu badan. Selain itu dilakukan penyemproran disinfektan pada setiap kendaraan dan pengunjung yang masuk, serta menyiapkan tempat cuci tangan di setiap sudut.

” Kita meminimalisir kontak fisik antara staf dan pengunjung ataupun antar pengunjung dengan adanya penerapan jaga jarak (physical distancing) setidaknya 1,5 meter,” katanya.

Tidak hanya itu, untuk tempat duduk penunjukan edukasi telah diberi tanda agar terdapat jarak aman antar penonton. Jumlahyan pun dibatasi hanya setengah dari kapasitas maksimum.

” Kami meniadakan kegiatan memberi makan satwa, tunggang satwa dan berfoto dengan satwa, tapi pertunjukan satwa tetap ada termasuk pertunjukan lumba-lumba,”

Danu juga menyampaikan, keberadaan selain berperan dalam konservasi dolphin dan satwa dari lima benua, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama Pantai Utara Jawa.

” BDC dilengkapi dengan wahana permainan yang seru dan menyenangkan, ada pula pertunjukan edukasi satwa yang bisa menjadi sumber ilmu tentang alam dan satwa liar,” katanya. (hitto-red17)

BERITA LAINNYA