Take a fresh look at your lifestyle.

Dongkrak Ekonomi Warga Miskin, 96 Kube Dibentuk di Brebes

121

BREBES – Sebanyak 96 Kelompok Usaha (Kube) dari para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) hingga kini telah dibentuk di Kabupaten Brebes. Keberadaan Kube yang tersebar di 17 kecamatan tersebut, sebagai upaya Pemkab untuk mendongkrak ekonomi masyarakat miskin.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes, Khambali mengatakan, hingga saat ini sudah 96 Kube yang telah diresmikan. Keberadaan Kube tersebut nantinya untuk mendongkrak perekonomian para penerima PKH. Sehingga, mereka dapat terentaskan dari kemiskinan. “Adanya Kube ini kmai harapkan bisa membantu perbaikan ekonomi bagi warga penerima PKH,” ungkapnya melalui Koordinator I Pelaksana PKH Kabupaten Brebes Fatah El Zaman, Kamis (12/12).

Menurut dia, selain bertujuan mendongkrak perbaikan ekonomi penerima PKH, Kube juga dimaksudkan untuk peningkatan peran aktif dan komitmen peserta dan pelaku PKH. Bahkan, Kube dinilai sebagai salah satu trobosan dalam peningkatan kesejahteraan peserta PKH dalam mendapatkan penghasilan tambahan. “Setiap Kube ini terdiri10 anggota. Dimana, kesepuluhnya merupakan peserta penerima PKH,” jelasnya.

Kedepan, lanjut dia, Kube juga diharapkan bisa menjadi media dalam meningkatan motivasi masyarakat miskin, agar lebih maju secara ekonomi dan sosial. Para penerima PKH nantinya juga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari di Kube tersebut. Sehingga, tidak lagi mengandalkan dari bantuan yang diterima dari pemerintah.
“Misal saja di Wanasari, lewat Kube ini ada salah satu peserta penerima PKH mengundurkan diri. Hal ini dikarenakan telah merasa sudah mendapatkan pendapatan tambahan lewat Kube, sehingga ekonominya mampu,” sambung dia.

Lebih lanjut dia mengataka, dari 96 Kube tersebut, 55 di antaranya sudah menjadi e-warung. Di mana, selain menjual kebutuhan pokok, juga menjual bebrapa kebutuhan sehari-hari lainnya. “Ini menandakan adanya Kube dapat memberikan semangat para penerima PKH untuk lebih baik. Terutama, dalam peningkatan ekonomi,” pungkasnya.

(bayu setiawan-red2)

BERITA LAINNYA