Take a fresh look at your lifestyle.

DLHK V Jateng Tanam 10.000 Pohon di Mahkota Longsor Lio

144

BUMIAYU– Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Wilayah V Provinsi Jateng menanam 10.000 bibit pohon di mahkota longsor Gunung Lio, Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Brebes.

Kegiatan pada Kamis (9/1) tersebut dilaksanakan dalam rangka Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS).  Selain dinas dan instansi terkait, ratusan warga dari sejumlah elemen masyarakat mengikuti kegiatan tersebut.

Sebelum penanaman, kegiatan diawali dengan apel persiapan yang dilakukan oleh DLHK Wilayah V Jateng. Lalu setelahnya, penanaman simbolis oleh Kepala DLHK Wilayah V Suhirin, Perhutani, Muspika Salem dan perwakilan ormas Banser dan Bangbara.

Kepala DLHK Wilayah V Provinsi Jateng Suhirin mengatakan, penanaman pohon dilakukan sebagai upaya memulihkan daerah aliran sungai sekaligus menghijaukan titik longsor Gunung Lio Salem.”Program nasional ini sengaja kami laksanakan di Lio, Brebes untuk memulihkan lingkungan di titik longsor,” kata dia.

10.000 bibit pohon yang ditanam, lanjut Suhirin, terdiri atas tanaman keras dan buah-buahan seperti mahoni, trembesi dan jambu kristal.”Jadi selain penghijauan, juga ada nilai ekonomis yang akan didapat oleh masyarakat,” ujarnya.

Suhirin menambahkan, bibit pohon yang ditanam akan dipantau secara berkala oleh penyuluh kehutanan. Pihaknya juga berharap agar masyarakat ikut menjaga dan merawatnya.”Agar tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik. Anak cucu kita yang akan menikmatinya,” kata dia.

Camat Salem Nur Ari HY mengapresiasi kegiatan penanaman pohon. Sebab menurutnya, penanaman pohon merupakan bagian dari upaya pencegahan longsor.”Butuh kepedulian kita bersama untuk menjaga lingkungan dan kawasan hutan agar kembali hijau. Dengan adanya penanaman bibit pohon ini, ke depan semoga tidak terjadi lagi tanah longsor,” katanya.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA