Take a fresh look at your lifestyle.

Diusulkan, Madrasah Diniyah Masuk Mulok Untuk Jenjang SMP

161

TEGAL – Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Tegal mengusulkan kegiatan madrasah diniyah bisa menjadi muatan lokal (mulok) dalam kegiatan belajar mengajar jenjang SMP. Hal itu disampaikan Ketua FKDT, Solichun saat audiensi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal, Kamis (15/8).

Dalam audiensi tersebut, Pengurus FKDT didampingi Ketua Dewan Pendidikan Kota Tegal, Rismono beserta jajaran pengurus. Sedangkan, Kepala Disdikbud diwakili Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sudoro dan Pengawas SMP, Z A Faqih.

Ketua FKDT, Solichun mengatakan, untuk lebih menguatkan pendidikan moral dan keagamaan bagi pelajar jenjang SMP madrasah diniyah dinilai sangat penting. Sebab, tidak hanya sebagai benteng membentuk karakter serta akhlak madrasah diniyah juga menjadi bekal utama dalam mendalami Alquran. “Opsi usulan madrasah diniyah masuk mulok, yakni dengan mengintegrasikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho (MDTW) dalam Pelajaran Agama Islam,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Dewan Pendidikan, Rismono. Menurut dia, dengan mengimplementasikan madrasah diniyah takmiliyah wustho sebagai syarat untuk mengikuti ujian sekolah maupun lainnya, bisa untuk mengoptimalkan pendidikan agama sekaligus mengarahkan potensi pelajar untuk mencegah kenakalan remaja. “Karena pada fase usia SMP, hampir semua remaja dalam proses tumbuh kembang dengan rasa penasaran tinggi sehingga harus diarahkan yang positif,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid PPTK Disdikbud, Sudoro didampingi Pengawas SMP, Z A Faqih menambahkan, pihaknya merespon positif usulan MDTW yang dikombinasikan dengan KBM. Namun, dengan latar belakang kelembagaan berstatus pendidikan non formal MDTW tetap bisa dikombinasikan sebagai ekstra kurikuler melalui kolaborasi menyeluruh. “Untuk teknisnya bisa dimasukkan dalam opsi ekskul yang wajib diikuti seperti pramuka, serta penambahan poin dalam penilaian belajar,” tandasnya. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA