Take a fresh look at your lifestyle.

Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung Desa di Brebes Terputus

125

BREBES, smpantura.com – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Banjarsari dan Des Cibentang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, putus akibat diterjang banjir, Kamis (15/4/2021). Ini terjadi menyusul meluapnya Sungai Cidadali, di wilayah tersebut.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cibentang, Kecamatan Bantarkawung Carsam mengatakan, jembatan sepanjang 12 meter dan lebar 4 meter itu, putus sekitar pukul 06.00. Itu akibat jembatan tak kuat menahan derasnya arus Sungai Cidasali yang meluap. “Jembatan ini sangat vital bagi warga dua desa ini. Jembatan ini juga jalan poros kabupaten. Akibat putus, akses warga kami terganggu,” ungkapnya.

Menurut dia, sebelum jembatan putus, wilayahnya memang diguyur hujan deras. Hujan terjadi sejak Rabu malam hingga Kamis dini hari. Akibatnya, sungai meluap dan arus yang deras menyebabkan jembatan putus. “Beruntung, kejadian ini tidak menyebabkan korban jiwa,” sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, akibat putusnya jembatan ini, untuk sementara kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat, harus memutar melalui desa tetangga. Yakni Desa Telaga. “Besok pagi, kami bersama warga dan pihak terkait di kedua desa, akan melaksanakan pembuatan jembatan darurat dari bambu dan kayu, untuk membuka akses ekonomi,” pungkasnya.

(T07-red)

BERITA LAINNYA