Take a fresh look at your lifestyle.

Diterjang Banjir, Jalur Bumiayu Bantarkawung Lumpuh Total

124

BREBES – Hujan deras yang mengguyur wilayah Brebes bagian selatan, menyebabkan banjir di sejumlah desa, Selasa (1/12). Kondisi terparah menimpa Desa Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes. Selain menggenangi rumah warga, banjir juga melumpuhkan akses jalur utama Bumiayu-Bantarkawung

Banjir di Kecamatan Bantarkawung itu terjadi menyusul meluapnya tiga sungai besar. Yakni, Sungai Pemali, Sungai Ciomas dan Sungai Ciraja. Di Dukuh Gempol Desa Bantarkawung, dilaporkan sejumlah rumah warga terendam. Kemudian, jalur utama Bumiayu-Bantarkawung terendam banjir hingga lumpuh total. Sementara Desa Pangebatan banjir juga menutup jalan utama.

Selain di Bantarkawung, akibat hujan deras di wilayah selatan Brebes, sejumlah sungai di beberapa kecamatan dilaporkan meluap. Di Bumiayu misalnya, Sungai Keruh dan Sungai Erang meluap. Kondisi itu berpotensi menyebabkan banjir kiriman di wilayah utara Brebes. Hingga berita ini ditulis, genangan air masih terjadi di Desa Bantarkawung.

Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto mengatakan, sementara ada tiga desa di wilayahnya yang terdampak banjir. Yakni, Desa Bantarkawung, Pangebatan dan Bangbayang. Banjir terjadi akibat meluapnya tiga sunga besar di wilayahnya, meliputi Sungai Pemali, Ciraja dan Ciomas “Di Desa Bantarkawung, tepatnya di Dukuh Gempol ada beberapa rumah yang terendam. Kami saat ini sedang mengevakuasi warga yang rumahnya terendam, karena air cukup tinggi,” ujarnya saat dihubung lewat telepon.

Selain merendam rumah, lanjut dia, jalan utama Bumiayu-Bantarawung juga lumpuh karena terendam banjir. Jalan sepanjang 4 kilometer tertutup genangan air setinggi paha orang dewasa. Sehingga kendaraan baik roda empat atau roda dua tidak bisa melintas. “Saat ini kami masih fokus evakuasi warga yang rumahnya kebanjiran. Mereka kami ungsikan ke rumah tetangga yang aman, dan barang-barang diletakan di tepi jalan yang tidak kebanjiran. Kami juga masih terus melakukan pendataan dampak banjir ini,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA