Take a fresh look at your lifestyle.

Diterapkan di Brebes, Ini 10 Sasaran Pelanggaran Lalin di E-TLE

271

BREBES, smpantura.com – Sistem Electronic Traffic Low Enforcement (E-TLE) atau tilang elektonik resmi diterapkan di Kabupaten Brebes, Selasa (23/3). Setidaknya ada 10 sasaran jenis pelanggaran dalam E-TLE, apa saja kan itu?

Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto mengungkapkan, sedikitnya ada 10 jenis pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran dalam E-TLE yang mulai diterapkan di wilayahnya. Di antaranya, pengendara motor yang tidak memakai helm, pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan pengemudi yang bermain handphone saat berkendara. Kemudian, kendaraan yang melawan arus, kendaraan yang melintas tidak pada peruntukan kelas jalannya, dan kendaraan yang tidak menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sesuai standar. “Sasaran lainnya, adalah kendaraan yang tidak membayar pajak, hingga kendaraan dengan STNK telah mati,” ungkapnya.

Menurut dia, meski E-TLE ini sudah kita berlakukan di Brebes, tetapi sistem penerapan tilang manual masih kita terapkan. Ini karena penerapan E-TLE masih sebatas di Jalur Pantura Kota Brebes, sedangkan untuk wilayah lain di Kabupaten Brebes belum. “Sistem tilang manual tetap kita berlakukan, khususnya bagi wilayah di Brebes yang belum diterapkan E-TLE ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, tujuan diterapkannya E-TLE itu tidak lain agar petugas tidak berinteraksi langsung dengan pelanggar. Sehingga akan mengurangi penyimpangan antara petugas dengan pelanggar. Selain itu, untuk membangun kedisiplinan masyarakat. “Selama ini, masyarakat ketika ada polisi saja patuh. Sekarang polisi tidak ada, masyarakat tetap wajib patuh, karena tetap diawasi melalui kamera yang dipasang di jalan,” pungkasnya.

(T05-red)

BERITA LAINNYA