Take a fresh look at your lifestyle.

Dispotmar Mabesal Beri Bantuan APD dan Alkes Untuk Pemkot Tegal

130

TEGAL – Dalam rangka pembinaan ketahanan wilayah maritim, Dinas Potensi Maritim Markas Besar TNI Angkatan Laut (Dispotmar Mabesal) menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD), sprayer, tempat mencuci tangan dan bahan kontak kepada Pemerintah Kota Tegal di Pendopo Kecamatan Tegal Barat, Senin (10/8) siang.

Penyerahan dilakukan oleh Komandan Satgas Kolonel (Mar) Baidhowi Oktavidia didampingi Komandan Lanal Tegal, Letkol (Mar) Ridwan Aziz kepada Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, Kepala Puskesmas dan Camat Tegal Barat.

Menurut Baidhowi, kegiatan tersebut telah berjalan sejak Februari lalu. Dipilihnya, Kota Tegal sebagai penerima bantuan, karena beberapa waktu lalu Tegal telah menjalani Local Lockdown.

“Selain Kota Tegal, kami juga memberikan penyuluhan kepada nelayan di Desa Binaan Lanal di Desa Kluwut, Brebes,” tegasnya.

Baidhowi yang juga menjabat Kasubdis Binpuan Dispotmar Mabesal menambahkan, rencana awal pihaknya akan memberi bantuan APD kepada Rumah Sakit. Namun, setelah dievaluasi, bantuan akan lebih efektif jika diberikan ke Puskesmas.

“Karena Puskesmaslah yang menjadi ujung tombak kesehatan. Baru nanti kemudian ke Rumah Sakit, jika diperlukan penindakan rujukan,” bebernya.

Selain memberi bantuan, rencananya Dispotmar Mabesal juga akan melakukan pembinaan sumber daya alam, berupa bersih pantai. Kegiatan tersebut akan diikuti Saka Bahari, komunitas Maritim dan stakeholder.

Sementara, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi mengapresiasi Mabesal yang telah memberi bantuan untuk Puskesmas dan Kecamatan Tegal Barat serta Kelurahan Tegalsari.

Bantuan tersebut dinilai sangat tepat, karena pandemi Covid-19 belumlah berakhir. Sejauh ini, Pemkot terus bersinergi dan berkolaborasi dengan sejumlah pihak, untuk berkoordinasi menekan jumlah kasus Covid.

“Apa yang dibantu, adalah wujud sinergitas antara TNI dan Pemkot. Pandemi ini merupakan tanggungjawab moral bersama,” bebernya.

Semakin banyaknya jumlah pasien suspect di era normal baru, Jumadi berharap masyarakat tidak terlena. Masyarakat justru diminta semakin meningkat kewaspadaan dan menjaga inunitas serta tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Menjadi cambuk untuk memperketat dan memperkuat ekonomi. Jangan sampai kendor,” katanya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA