Take a fresh look at your lifestyle.

Disnakerin Ajak Pengusaha dan Pekerja Sinergi Atasi Covid-19

197

TEGAL – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengajak seluruh komponen perusahaan melalui pemilik, buruh dan serikat pekerja untuk meningkatkan kewaspadaan, pencegahan serta pengendalian atas meningkatnya penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

“Setiap perusahaan harus memastikan lingkungannya menjalankan protokol kesehatan kepada seluruh karyawan, sesuai Surat Edaran Menkes RI Nomor HK.02.01/MENKES/202/2020 Tanggal 16 Maret 2020 tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri Dalam Penanganan Covid-19,” ungkap Kepala Disnakerin Kota Tegal, R Heru Setyawan, Kamis (19/3).

Dalam mempedomani SE tersebut, Heru meminta perusahaan mengadakan Posko Pencegahan Covid-19 di perusahaan melalui penyediaan pelayanan kesehatan di Poliklinik untuk memastikan kesehatan karyawan.

Tak hanya itu saja, para karyawan maupun buruh di perusahaan diwajibkan menunda perjalanan ke luar negeri, terutama bagi para tenaga kerja asing. Mereka juga diharapkan mampu membatasi kunjungan tamu di perusahaan.

“Untuk yang utama, perusahaan bisa menyediakan alat deteksi suhu tubuh (thermo gun), hand sanitizer serta masker. Namun, dihimbau penggunaan masker bagi yang sakit saja. Sedangkan yang masih sehat, dibiasakan mencuci tangan,” pungkasnya.

Dengan beberapa metode dari SE Menkes tersebut, seluruh pekerja dan perusahaan dapat mengimplementasikan untuk mendukung upaya pencegahan dan pengendalian, serta memastikan lingkungan perusahaan dalam keadaan bersih dan higienis.

Ditambahkan Heru, perusahaan baiknya terus memberikan informasi dan edukasi tentang Covid-19 secara akurat dan up to date kepada karyawan. Untuk keperluan penanganan dan informasi mengenai Covid-19, perusahaan dapat memanfaatkan layanan Dinas Kesehatan Kota Tegal.

“Laporkan melalui Hotline Service PSC 119, dengan nomor telepon 082211555119. Namun ingat, jangan disalahgunakan nomor layanan itu,” tutupnya. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA