Take a fresh look at your lifestyle.

Disiapkan Dua Palang Pintu Perlintasan KA Otomatis

166

PEMALANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pemalang menyiapkan dua pintu palang perlintasan kereta api (KA) baru. Keduanya akan dipasang di dua tempat antara lain di Desa Cibiyuk, Kecamatan Ampelgading dan Widodaren (Petarukan).

 

Perlintasan KA di Desa Cibiyuk belum memiliki palang pintu otomatis. Meski di lokasi sudah dipasang rambu peringatan dan garis kejut namun perlintasan dinilai masih berbahaya bagi pengguna jalan.

Camat Ampelgading Mulyanto mengatakan dalam waktu tidak lama lagi perlintasan KA Cibiyuk akan dipasang palang pintu otomatis.”Kemarin ada petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan koordinasi untuk pemasangan palang pintu di perlintasan KA Cibiyuk,”kata Camat, kemarin.

Perlintasan KA Cibiyuk ini sudah beberapa kali menelan korban jiwa warga yang melintas. Kejadian terakhir adalah pada awal Desember 2019 di mana KA Menoreh menabrak minibus avanza yang menyebabkan kedua penumpangnya tewas.

Sementara itu beberapa bulan sebelumnya sebuah truk boks juga menjadi korban di perlintasan tersebut lantaran tersambar kereta yang melintas. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya Kepala Dishub Akhmad Fatah kepada wartawan mengatakan pihaknya tidak tinggal diam dengan kondisi perlintasan KA yang belum berpalang pintu. Karena itu Dishub berencana akan memasang palang pintu otomatis.

Pada tahun 2020 palang pintu otomatis rencananya akan dipasang di dua tempat dengan  anggaran lebih kurang Rp 400 juta. Pembangunan palang pintu otomatis perlintasan KA oleh Dishub Pemalang bukan dilakukan kali ini saja. Pembangunan pertama dilakukan di perlintasan KA Pasar Pagi Pemalang. Kemudian dibangun di Serang, Sirangkang, Tumbal dan Iser.

Adapun perlintasan KA yang masih belum memiliki palang pintu otomatis saat ini antara lain di Cibiyuk (Kecamatan Ampelgading), Widodaren, Rowopanggang (Petarukan), Kabunan, Wanarejan Utara, Pedurungan (Taman).(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA