Take a fresh look at your lifestyle.

Dirujuk Tim Dokes Polres Brebes, Mantan TKW Ini 3 Tahun Menderita Penyakit

161

BREBES – Harapan sembuh dari penyakit yang dideritannya, kini nampak dimata Yanti (27), warga RT 03 RW 02 Desa Tegalreja, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) itu, selama ini menderita penyakit kusta yang tak kunjung sembuh. Penyakit itu menggrogotinya hampir selama tiga tahun belakangan.

Akibat penyakitnya itu, Yanti hanya bisa terbaring di tempat tidurnya. Kondisi tubuhnya pun kurus kering, seperti tinggal tulang dibungkus kulit. Namun harapan sembuh, kini terbuka setelah tim Dokes Polres Brebes mendatangi rumahnya, Jumat (27/12). Yanti yang selama ini tinggal bersama ibunya tersebut, langsung dirujuk ke RSUD Brebes untuk mendapatkan perawatan medis. Tim Dokes Polres Brebes datang sekaligus dengan ambulan untuk membawa Yanti ke RSUD Brebes.

Bariah (55), orang tua Yanti menceritakan, anaknya menderita penyakit yang diduga kusta itu setelah pulang dari luar negeri. Saat itu, Yanti menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) beberapa tahun tahun yang lalu. Namun saat setelah pulang, anak kedua dari lima bersaudara tersebut mulai mengalami penyakit tersebut. “Yanti sudah mengeluh dan menderita penyakit ini kurang lebih selama tiga tahun. Tepatnya, setelah anak saya ini pulang dari luar negeri,” jelasnya.

Selama tiga tahun itu, kata dia, anaknya pernah di bawa berobat ke Puskesmas Banjarharjo. Namun karena keterbatasan peralatan akhirnya Yanti dibawa ke RSUD Kabupaten Brebes. Pengobatan yang dilakukan tak bisa lama, lantaran pihaknya terkendala biaya. Sehingga, terpaksa anaknya dibawa pulang. “Udah pernah dipersak di RSUD ini. Tapi, karena tidak ada biaya jadi dibawa pulang ke rumah,” sambungnya

Bariah berharap, dengan Yanti di bawa lagi ke RSUD Brebes untuk mendapatkan perawatan, penyakitnya bisa disembuhkan. Pihak keluarga juga berterimakasih kepada Polres Brebes yang telah membawa anaknya untuk mendapatkan perawatan medis.”Semoga anak saya ini bisa sembuh. Jadi, bisa beraktifitas seperti biasanya,” ungkapnya.

Sementara Wakapolres Brebes Kompol M Faisal Perdana mengatakan, rujukannya Yanti ke RSUD tidak terlepas dari aduan masyarakat. Bermula dengan adanya masyarakat yang mengadukan, jika ada seorang warga Banjarharjo yang membutuhkan bantuan. “Dari aduan ini, kita inisiatif untuk melakukan penjemputan. Apalagi, informasinya Yanti diduga menderita kusta kurang lebih selama tiga tahun,” ujarnya.

Menurut dia, pihak keluarga tidak perlu khawatir soal biaya. Sebab, pihaknya akan berkoordinas dengan manajemen RSUD Brebes dan instansi terkait. Namun yang jelas saat ini pihaknya memastikan bahwa yang bersangkutan mendapatkan perawatan. “Terkait biaya, kita akan kordinasikan dengan pihak rumah sakit dan instansi terkait. Yang jelas, kita pastikan Yanti ini mendapatkan perawatan kesehatan,” tandasnya.

Dokes Polres Brebes dr Shella Vina Putri menambahkan, hasil dari pemeriksaan sementara, membenarkan bahwa yang bersangkutan diduga menderita kusta. Karenanya, untuk perawatan Yanti harus terus mendapatkan obat khusus bagi penderita kusta. “Hasil pemeriksaan, Yanti diduga menderita kusta. Pasien ini harus meminum obat khusus penderita kusta selama beberapa waktu, dan jangan sampai putus,” pungkasnya.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA