Take a fresh look at your lifestyle.

Dirjen Linjamsos Blusukan di Brebes Cek Rumah KPM PKH

99

BREBES, smpantura.com – Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Kementerian Sosial RI, Pepen Nazarudin, blusukan di Kabupaten Brebes, untuk mengecek dan mengunjungi rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), kemarin. Selain berdialog langsung dengan PKM PKH, Dirjen Linjamsos yang didampingi Direktur Jaminan Sosial Keluarga, Rahmat Koesnadi, Kasubdit Validasi dan Terminasi (VT) Slamet Santoso dan Kasubdit Kepesertaan Rinto, juga mengecek langsung kegiatan usaha para KPM PKH tersebut..

Tak hanya itu, rombongan juga berkesempatan mengunjungi para KPM PKH yang sudah graduasi dan telah memiliki usaha. Di antaranya, Ayuning KPM PKH graduasi, di Desa Wlahar, Kecamatan Larangan yang memiliki usaha Kerupuk Telor Asin. Kemudian, KPM PKH graduasi yang memiliki usaha produksi sprei, serta melakukan kunjungan ke Kelompok KPM PKH di desa Pebatan Wanasari. Sebelum melakukan kunjungan ke rumah KPM tersebut, rombongan melakukan monitoring penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di aula Kantor Kecamatan Brebes.

“Saya berharap para KPM PKH untuk memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya “KKS harus dipegang sendiri. Tidak boleh dititipkan ke orang lain,” ujar Dirjen Linjamsos Kementerian Sosial RI, Pepen Nazarudin, saat monitoring penyaluran KKS.

Dia mengatakan, bagi KPM PKH yang memiliki usaha, baik yang masih aktif maupun sudah graduasi, pihaknya memberikan kesempatan untuk mengajukan proposal bantuan. Bantuan tersebut baik berupa alat maupun modal. ” Melalui ini, kami berharal agar usahanya dapat lebih berhasil dan dapat menularkan ke KPM PKH yang lain,” sambungnya.

Sementara, Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial Kabupaten Brebes, Bambang Setiawan mengatakan, dengan adanya kunjungan ini berharap dukungan dari Kementerian Sosial RI ke KPM PKH untuk memajukan usaha sehingga dapat terentas dari kemiskinan.

“KPM PKH yang dikunjungi Dirjen Linjamsos dan tim, sudah memanfaatkan media online dalam pemasaran. Apalagi, Pemerintah Daerah sudah bekerjasama dengan buka lapak dalam kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang ada di Kabupaten Brebes. Dan ini salah satu bentuk perhatian kepada KPM PKH,” terangnya, Jumat (21/5)..

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga diamanati untuk melakukan perbaikan data KPM PKH setiap bulan. Hal ini agar data para KPM PKH lebih valid. “Setidaknya dengan adanya kunjungan ini, Tim Kementerian Sosial mengetahui bagaimana kondisi pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Brebes yang sudah berjalan dari tahun 201″, pungkasnya. (T07-red) 

BERITA LAINNYA