Take a fresh look at your lifestyle.

Dipertanyakan, Forum Kehumasan Pemkab Brebes Digelar di Kuningan

151

BREBES – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Brebes, menggelar Forum Silaturahmi Kehumasan di Grage Sangkanurip Hotel, Kuningan, Jawa Barat, malam (15/10). Kegiatan yang dihadiri Bupati dan seluruh pejabat di jajaran Pemkab Brebes itu, dipertanyakan Lembaga Analisa Pencegahan Publikasi Anggaran dan Sistem (Lappas). Lembaga tersebut menyoal penentuan tempat kegiatan yang dinilai tidak sejalan dengan progam Pemkab Brebes, yang tengah mempromosikan destinsi wisata daerah. Mereka juga menilai kegiatan itu cenderung hanya untuk refresing para pejabat.

“Pertanyaan saya, kenapa kegiatan ini dilaksanakan di obyek wisata luar daerah. Sementara di dalam daerah sendiri punya tempat wisata yang tidak kalah bagusnya. Misal saja, obyek wisata Kebun Teh Kaligua di Kecamatan Paguyangan. Kalau seperti ini ada apa,” ujar Ketua Lappas RI, Purwanto, Rabu (16/10).

Menurut dia, kegiatan itu jelas tidak sejalan dengam program pemerintah daerah yng tengah berupaya memperkenalkan destinasi wisata daerah. Di sisi lain, potensi pendapatan daerah dan pajak perhotelan pun tidak masuk ke Brebes, tetapi ke Kuningan. Itu jelas sangat disayangkan. “Coba kalau dilaksanakan di obyek wisata dalam daerah, kegiatan ini juga berpotensi mendatangkan pendapatan asli daerah dan pajak perhotelan. Tapi, karena kegiatannya di luar daerah ya potensi pendapatan daerah masuk ke daerah lain,” ungkapnya.

Dari hasil pemantauan pihaknya, lanjut dia, selain pejabat di jajaran Pemkab Brebes, seluruh camat juga mengikiti kegiatan tersebut. “Yang kami pertanyakan lagi, dalam kegiatan ini telah disewa juga sebanyak 18 kamar hotel. Padahal kegiatannya hanya satu hari. Ini kan kami nilai tidak efektif dan tidak hemat anggaran,” sambungnya.

Kepala Diskominfotik Kabupaten Brebes, Johari melalui Kabid Komunikasi Lusiana Indira Isni saat dikonfirmasi menjelaskan, Forum Silaturahmi Kehumasan dilaksanakan untuk mengakrabkan para pejabat Organanisasi Perangkat Daerah OPD) dengan pejabat Forkompinda. Sekaligus untuk memberikan pemantapan para pejabat eselon penyangkut keprotokoleran. Bahkan, pihaknya sengaja mendatangkan pemateri yang sangat berkompeten. Yakni, Kabag Disiplin dan Penghargaan Kemendagri, Beny Cahyadi serta Pakar Komunikasi Irawati Sulis. “Selama ini forum kehumusan yang sebelum sudah dilaksanakan dengan melibatkan media dengan Forkompinda. Namun secara internal publik relation juga harus diperkuat, di antaranya melalui acara ini. Milih kegiatan juga di luar jam kerja, dengan tujuan agar tidak mengganggu pelayanan,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan awalnya akan dilaksanakan di Kaligua, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Sebab, pihaknya juga ini mengenalkan potensi wisata Kaligua yang .menjadi andalan Brebes. Namun ada kendala karena pembicara baru datang dari Rusia dan besoknya harus ada acara lagi. Sehingga, dipilih di kuningan karena aksesnya lebih mudah dan cepat. “Ini kenapa kami terpaksa memilih Kuningan. Di sisi lain, dua pembicara ini sangat berkompeten sehingga kami juga rela menagalah pindah lokasi kegiatan,” jelasnya.

Terkait fasilitas 18 kamar hotel yang disewa, Lusiana mengungkapkan, kamar-kamar itu yang menyewa masing-masing OPD dengan pembiayaan ditanggung setiap OPD. Pihaknya hanya memfasilitasi pemeranan agar biaa satu tempat. “Jadi, untuk kamar bukan kami, tetapi disewa oleh OPD dengan biaya mereka sendiri,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA