Take a fresh look at your lifestyle.

Dinsos Minta E-Warung “Nakal” Dilaporkan

* BUMDes Bisa Jadi Suplier

66

BUMIAYU,smpantura.com– Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes Masfuri meminta kepala desa melaporkan jika menemukan agen atau e-warung nakal atau melayani keluarga penerima manfaat (KPM) tidak sesuai dengan ketentuan. Hal ini disampaikan saat bertemu dengan Paguyuban Kades Tonjong usai acara Pembinaan Agen E-Warung di Kantor Desa/Kecamatan Tonjong, Brebes, Rabu (24/3).

Dalam pertemuan tersebut, kades mengaku kerap mendapat keluhan dari KPM yang menerima barang yang jumlahnya tidak sesuai dengan ketentuan. Selain itu, kades juga meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilibatkan dalam program bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).“Kalau ada e-warung yang melayani KPM tidak sesuai dengan ketentuan, laporkan saja. Setiap laporan pasti kami tindaklanjuti,” kata Masfuri.

Sementara terkait dengan keterlibatan BUMDes dalam bansos BPNT, Masfuri menegaskan bahwa BUMDes bisa menjadi menjadi suplier atau pemasok barang bagi agen e-warung.“Kalau BUMDes punya bidang usaha komoditas seperti beras, telur, daging bisa menjadi menjadi pemasok atau penyedia bagi e-warung,” kata Masfuri.

Menurutnya, keterlibatan BUMDes memang diharapkan oleh pemerintah agar potensi ekonomi di desa bisa berkembang.”Silahkan bersaing menjadi suplier, dengan catatan barangnya berkualitas dan harga yang bersaing,” ujarnya.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Tonjong Abdul Mukhit mengatakan, BPNT merupakan peluang bagi BUMDes untuk berkembang.”Inilah mengapa kami meminta BUMDes dilibatkan. Alhamdulillah ada lampu hijau bagi BUMDes untuk ikut menjadi bagian dalam program pemerintah ini,” katanya.

Menurut Kades Karangjongkeng tersebut, desa-desa di wilayah Tonjong memiliki banyak potensi, salah satunya beras berkualitas. Ketersediaan bahan pangan itu dapat dikelola oleh BUMDes untuk memenuhi kebutuhan e-warung.”Kepada e-warung kami berharap jangan ambil beras dari luar. Tonjong ini banyak beras, jadi belilah beras dari petani kita sendiri,” ujarnya.(T06-red)

 

BERITA LAINNYA