Take a fresh look at your lifestyle.

Dinkes Kota Tegal Gelar Vaksinasi Malam Hari Selama Ramadan

71

TEGAL, smpantura.com – Untuk memaksimalkan vaksinasi Covid-19 selama Ramadan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal, menggelar vaksinasi pada malam hari di Kantor Dinkes yang berada di Jalan Proklamasi.

Kepala Dinkes Kota Tegal, dr Sri Primawati mengungkapkan, tujuan vaksinasi malam hari yakni untuk memfasilitasi masyarakat penerima vaksin tahap dua dosis terakhir. Sebab, saat siang hari jumlah kehadiran penerima vaksin semakin berkurang hingga 25 persen.

Selain digelar untuk penerima dosis terakhir, pihaknya juga menerima vaksinasi dosis pertama. Sebab, saat ini Dinkes masih terus berupaya menyelesaikan vaksinasi tahap dua yang meliputi petugas pelayanan publik, TNI Polri hingga masyarakat lanjut usia (lansia).

“Malam ini perdana dan akan kita lakukan selama Ramadan hingga 7 Mei 2021. Layanan vaksin dimulai pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB,” ujarnya.

Disebutkan Prima, meski tidak membatalkan puasa, vaksinasi malam hari dilakukan juga untuk mengantisipasi adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Memang vaksin ini tidak langsung memberikan dampak bagi si penerima yang sedang berpuasa. Tetapi, perlu diperhatikan juga efek samping yang dialami sebagian orang. Untuk antisipasi, kita lakukan pada malam hari,” bebernya.

Prima menegaskan, vaksinasi siang hari tetap dilakukan di masing-masing Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes). Namun, untuk malam hari, pelaksanaan vaksinasi terpusat di Kantor Dinkes.

“Petugas vaksinator bergantian dari Yankes. Jika siang berhalangan, masyarakat Kota Tegal dari kecamatan manapun boleh datang ke sini malam hari,” tutupnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA