Take a fresh look at your lifestyle.

Dinas Perhubungan Segera Meterisasi PJU

Disiapkan Anggaran Rp 1 Miliar

115

SLAWI- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal tahun 2020 ini akan melaksanakan meterisasi penerangan jalan umum (PJU).

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, Akhmad Uwes Qoroni mengatakan,  tahun ini telah disiapkan anggaran Rp 1 miliar untuk meterisasi PJU.

Untuk meterisasi PJU, Dishub telah melakukan pengecekan terhadap identifikasi pelayanan (ID Pel) PJU yang ada di Kabupaten Tegal.

“ID Pel  yang sudah diidentifikasi, akan dipilih yang paling tinggi beban belanja yang harus dibayar. Nanti akan dilakukan meterisasi,”jelas Uwes.

Meterisasi PJU, kata Uwes, dilakukan dalam rangka mengefektifkan dan mengefisiensikan beban pembayaran PJU yang harus dibayar ke PLN.

“Setiap bulan kurang lebih beban bayar penerangan jalan umum ke PLN Rp 3,2 miliar , sehingga setiap tahun harus membayar kurang lebih Rp 37,5 miliar. Ini beban yang besar,”jelasnya, ditemui kemarin.

Uwes memperkirakan, akan terjadi efisiensi dari sisi pembayaran tagihan listrik sekitar 30 persen hingga 40 persen dibanding dengan pembayaran sistem abonemen. Ini karena pembayaran akan didasarkan pada pemakaian secara riil atau nyata pada masing-masing titik.

“Dari pengalaman daerah sekitar yang telah melaksanakan meterisasi, dapat mengefisiensikan dan mengefektifkan pembayaran tagihan listri sekitar 30 sampai 40 persen,”ujarnya.

Uwes menyebutkan, dengan menggunakan sistem abonemen, Dishub harus membayar tagihan listrik sesuai dengan jumlah titik lampu, tanpa melihat apakah lampu tersebut menyala atau tidak. Oleh karena itu, pihaknya mengidentifikasi juga lampu-lampu yang sudah tidak menyala.

“Sekarang dengan sistem abonemen , bila setiap ruas ada seratus lampu, maka setiao bulan kita bayar seratus lampu, nyala atau tidak. Artinya kerugian bagi kita,”sebutnya.

Untuk rencanan meterisasi,kata Uwes, anggaran Rp 1 miliar nanti akan digunakan untuk memasang meteran di sejumlah ID Pel.

“Nanti dilihat anggaran cukup untuk berapa ID Pel. Kalau ID Pel bebannya banyak, mungkin untuk satu atau dua ID Pel,”terangnya.

Tagihan listrik untuk tiap ID Pel , kata Uwes , besarannya berbeda. Dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Menurutnya, agar seluruh PJU di Kabupaten Tegal dapat dimeterisasi, dibutuhkan waktu 3 hingga 4 tahun dengan dana sekitar Rp 20 miliar.

“Dengan catatan tiap tahun ada alokasi dananya ,”sebutnya.

Meski tampak besar dana yang dibutuhkan untuk meterisasi, menurut Uwes, selama tiga tahun sudah bisa mencapai BEP.

“Dipasang sekarang , maka tagihan bulan berikutnya akan turun. Selama tiga tahun sudah  bisa BEP,”ungkapnya. (Sari/Red-06)

 

 

 

BERITA LAINNYA