Take a fresh look at your lifestyle.

Dinas Arpusda Beri Pelatihan Go Arsip ke Petugas Kearsipan OPD

137

 

TEGAL-Sedikitnya 65 orang petugas kearsipan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tegal mengikuti pelatihan surat menyurat secara online yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Tegal.

Kepala Dinas Arpusda Kota Tegal M. Afin mengungkapkan, mereka khususnya dilatih mengenal dan menggunakan aplikasi Go Arsip. Yakni sebuah aplikasi untuk surat menyurat perkantoran di lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

“Sebelumnya Go Arsip dilaksanakan secara offline, dan telah diuji cobakan sepanjang tahun 2019. Mendekati akhir tahun 2019, sistem tersebut dikembangkan agar bias digunakan secara online, bahkan dilengkapi dengan menu disposisi secara online pula,” terang M. Afin, Kamis (17/10).

Menurut Afin, dengan Go Arsip, proses diterimanya surat sampai dengan mendapatan disposisi tidak terhambat oleh tempat dan waktu.

Pelatihan bertajuk Sipardi Gosip atau singkatan dari Sinergitas Penyelenggaraan Arsip Dinamis melalui Go Arsip sendiri di gelar di Ruang Audiovisual Depo Arsip, Jalan Gatot Subroto, Keturen, Tegal Selatan, Selasa (15/10) lalu.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini yakni melatih petugas kearsipan di setiap instansi dalam mengoperasionalkan aplikasi ini secara online, terutama dalam penanganan proses naskah dinas masuk dan keluar serta pengajuan disposisi ke atasan secara online,” terang Afin.

Ada sejumlah manfaat dengan aplikasi itu, lanjut Afin, di antaranya yakni
memberikan efisiensi waktu, tenaga dan biaya, hingga efektivitas dalam pencarian dan penemuan kembali arsip.

“Termasuk nenjamin keselamatan Arsip. Selain itu, karena volume arsip dapat diketahui secara pasti, aplikasi ini juga dapat menjadi ukuran atau indikator kinerja pegawai terutama petugas kearsipan,” pungkasnya. (Enn/Red4)

BERITA LAINNYA