Take a fresh look at your lifestyle.

Difasilitasi Pemdes Wanatirta, Ratusan Warga Daftar Kartu Prakerja

130

BUMIAYU- Ratusan warga Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Brebes. mendaftar Kartu Prakerja secara online, Kamis (16/4). Mereka difasilitasi oleh pemerintah desa  (pemdes) setempat.

Kepala Desa Wanatirta Lukman Hakim mengatakan, pendaftaran Kartu Prakerja dibuka pemerintah sejak 11 April 2020. Adapun syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Pihaknya memfasilitasi pendaftaran kartu prakerja karena banyak keluhan warga yang tidak bisa login ke laman prakerja.go.id. Selain itu juga, tidak semua warga melek teknologi internet.”Atas kondisi itulah, kami berinisiatif membantu mereka dengan memanfaatkan jaringan internet desa dan tenaga operator dari karang taruna,” kata kades.

Menurut kades, fasilitasi pendaftaran dilakukan pada Rabu (15/4) sampai masa pendaftaran gelombang pertama di tutup Kamis (16/4) pukul 16.00. Selama dua hari itu, jumlah warga mendaftar kartu prakerja berjumlah 159 orang. Sebagian dari mereka merupakan warga terdampak Covid-19.

Dikatakan kades, pendaftaran kartu prakerja terdiri beberapa tahapan. Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id.

Kemudian memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya. Lalu berikutnya, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama kurang lebih 15 menit.

Bagi warga yang belum bisa mendaftar, kades meminta tidak khawatir karena masih ada pendaftaran di gelombang berikutnya. Salah seorang warga Tarjo mengaku terbantu dengan fasilitasi yang diberikan pemerintah desa.”Alhamdulillah sudah bisa mendaftar. Mudah-mudahan lolos,” ujarnya. (Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA