Take a fresh look at your lifestyle.

Dewan Riset Kota Tegal Bekali Warga Pengetahuan Atasi Sampah Plastik

128

 

TEGAL-Dewan Riset Daerah (DRD) Kota Tegal memberikan pelatihan mengelola sampah plastik menjadi minyak dan paving blok kepada perwakilan warga dari RT/RW se-Kota Tegal, Jumat (13/9).

Acara kerjasama DRD dengan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal itu memanfaatkan ruang praktek atau laboratorium teknik di fakultas yang beralamat di Jalan Halmahera Kota Tegal.

Hadir sebagai narasumber dari DRD di antaranya Ir. HM. Yusuf MD. MT, dan Mustaqim ST M.Eng. Keduanya dalam kesempatan itu memaparkan secara teori dan praktek bagaimana sampah plastik bisa dikelola menjadi barang bernilai ekonomis seperti paving blok.

Ketua DRD Kota Tegal Prof. Dr. Indrati Rini SH. MS dalam sambutanya, mengungkapkan, hasil inovasi Iptek harus bersifat komersil yang mampu meningkatkan daya saing. Untuk itu pengelolaan sampah di Kota Tegal berdasar inovasi Iptek diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Tegal.

Menurutnya, persoalan sampah masih menjadi masalah umum dan terjadi di mana-mana. Meski berbagai penanggulangan dan pengelolaan sudah dilakukan namun terkadang belum membawa hasil maksimal.

Dewan riset merasa perlu menggandeng masyarakat dalam penanggulangan sampah. Salah satu yang paling penting harus ditangani adalah sampah plastik yang anorganik karena tidak terurai.

Untuk itu, sampah plastik diolah menjadi bahan bakar dan paving blok bisa menjadi solusi. Diharapkan nantinya peserta yang kemudian menularkan pengetahuannya ke masyarakat sekitar hingga menjadi gerakan yang masif.

“Bila masyarakat berpartisipasi dalam pengelolaan ini, diharapkan dapat mengurangi masalah sampah khususnya di Kota Tegal,” pungkasnya.

DRD Periode 2017-2022 sendiri saat ini beranggota 11 orang sebagian besar berkecimpung di dunia pendidikan sebagai dosen di antaranya Drs. Ponoharjo M.Pd, Fajar Dian Aryani, dan Dairoh M.Sc. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA