Take a fresh look at your lifestyle.

Pertama di Brebes, Desa Benda Miliki Aplikasi Layanan Berbasis Online

150

BUMIAYU, smpantura.com- Guna memudahkan masyarakat mengurus berbagai keperluan administrasi, Pemerintah Desa (Pemdes) Benda, Kecamatan Sirampog, Brebes, meluncurkan aplikasi layanan publik berbasis online. Inovasi layanan tingkat desa ini merupakan yang pertama di Kabupaten Brebes.

Aplikasi yang diberi nama “Desaku Benda” tersebut secara resmi diluncurkan oleh Bupati Brebes yang diwakili Kepala Dinpermades Subagyo di gedung serbaguna kantor desa setempat, Senin (29/3). Ditjen Kemendes PKP Harlina Sulistyorini dan jajarannya turut mengikuti acara tersebut secara daring.

Kades Benda Baitsul Amri mengatakan, inovasi layanan publik berbasis online lahir menyusul pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat.”Termasuk pelayanan di desa juga tidak boleh ada kerumunan. Inilah mengapa kami meluncurkan layanan berbasis online,” kata kades.

Dengan aplikasi Desaku Benda, lanjut kades, warga bisa melakukan pengurusan administrasi tanpa harus datang ke kantor desa.”Aplikasi ini berbasis android dan sudah bisa diunduh di Play Store,” ujarnya.

Layanan lain dalam aplikasi tersebut adalah website desa yang didalamnya mencakup informasi pembangunan dan penggunaan dana desa. Lalu ada peta desa dan e-pajak.”Melalui aplikasi ini, warga juga bisa melakukan pengaduan yang menyangkut layanan publik di desa,” kata kades.

Kepala Dinpermades Subagyo mengapresiasi tinggi inovasi Pemdes Benda.”Ini adalah pelayanan publik tingkat desa berbasis online yang pertama di Kabupaten Brebes,” ujarnya.

Menurutnya, aplikasi tersebut sejalan dengan program Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang melarang adanya kerumunan orang. Aplikasi ini juga merupakan bentuk transparansi pemdes kepada masyarakatnya.”Kami berharap, pemerintah desa lainnya juga bisa melakukan inovasi inovasi pelayanan masyarakat seperti apa yang sudah dilakukan oleh Pemdes Benda ini,” kata Subagyo.(T06-red)

BERITA LAINNYA