Take a fresh look at your lifestyle.

Dermaga Apung Dikembalikan ke Pantai Alam Indah

127

TEGAL, smpantura.com – Setelah hampir dua bulan terbengkalai di Polder Bayeman, Kelurahan Kaligangsa, kubus dermaga apung akhirnya dikembalikan ke tempat aslinya di Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal secara bertahap, Sabtu (3/4) siang.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal, Ahmad Safi’i menuturkan, pemindahan dermaga berwarna oranye biru itu dilakukan melalui jalur air dengan cara ditarik kapal cepat atau speedboat.

Dengan jarak yang cukup jauh, proses pemindahan membutuhkan waktu setidaknya 90 menit. Dimana awalnya, dermaga apung diangkat menggunakan mesin katrol dari kolam Polder. Lalu, dermaga tersebut kembali di pindahkan ke aliran sungai.

“Karena pintu air tak cukup besar, maka dermaga diangkat dulu dan dikembalikan lagi ke sungai. Setelah itu, baru ditarik menggunakan speedboat secara perlahan hingga ke muara Sungai Kaligangsa,” katanya.

Cara tersebut dianggap lebih efektif dan aman, agar kubus dermaga tidak mengalami kerusakan, daripada diangkut secara manual menggunakan kendaraan melalui jalur darat.

Ihwal dipindahkan kembali dermaga apung ke kawasan OW PAI, Rofi’i mengaku hanya menunaikan tugas dari pimpinannya. Begitu pula saat disinggung mengenai pemindahan awal dari OW PAI ke Polder Bayeman pada Januari lalu, dirinya belum bisa menjelaskan. (T03-red)

BERITA LAINNYA