Take a fresh look at your lifestyle.

Dengan Membawa Kursi Roda, Empat Pejalan Kaki Wonogiri-Jakarta Singgah di Sekolah Terminal.

128

TEGAL-Empat pemuda pegiat literasi dan aktivis lingkungan yang jalan kaki dari Wonogiri menuju Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo singgah di Sekolah Terminal Sakila Kerti, Kamis (8/8/2019).

Mereka adalah Wahyudi, Pancoko atau Koko, Riyon dan Agus Mursidi. Mereka berjalan dari Wongiri sejak 23 Juli 2019. Saat tiba di terminal, Wahyudi mengenakan kursi roda dan didorong rekannya karena mengalami cidera lutut ringan.

“Iya sengkleh kakiku. Beli kursi roda di Pemalang. Tapi tetap semangat apalagi bertemu teman-teman sama-sama pegiat literasi. Karena di Sekolah Terminal ini jelas mereka orang-orang terpilih,” kata Wahyudi.

Kedatangan mereka disambut meriah warga belajar seperti ibu-ibu pengasong, pengurus TBM se-Kota Tegal, dan pengelola Sakila Kerti Dr. Yusqon. Hadir istri Wakil Wali Kota, Dyah Probondari.

Tak hanya dijamu makan siang, mereka juga disuguhi penampilan baca puisi oleh siswa kejar Paket B, Atin yang merupakan pengasong. Termasuk tukar cinderamata seperti batik khas Tegalan oleh Dyah dan alat makan dari bambu yang dibawa Koko.

Disampaikan Wahyudi, mereka jalan menuju Jakarta sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap dunia literasi serta mengkampanyekan anti sampah plastik.

Ketika nanti sampai di Jakarta, ia akan menyampaikan tentang harapannya agar Presiden Joko Widodo bisa terus mengaungkan program literasi nusantara.

“Saya pernah bernazar waktu Pilpres. Siapapun Presidennya yang jadi kami akan jalan kaki ke Jakarta. Mendukung program literasi atau buku gratis setiap momentum 17 Agustus,” pungkasnya (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA