Take a fresh look at your lifestyle.

Delapan Kelurahan Rawan Kekurangan Air Bersih

150

TEGAL- Delapan kelurahan di Kota Tegal rawan kekurangan air bersih saat berlangsung musim kemarau. Yakni, Kelurahan Panggung, Mintaragen, Sumurpanggang, Kalinyamat Kulon, Kaligangsa, Pesurungan Lor, Muarareja dan Keturen. Hal itu disampaikan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal, Andri Yudi Setiawan, kemarin.

Menurut dia, hampir setiap musim kemarau berlangsung warga di sejumlah kelurahan di Kota Tegal kekurangan air bersih. Oleh karena itu, perlu dilakukan antisipasi dan penanganan untuk mengatasi masalah tersebut. “Biasanya kekurangan air bersih dialami warga di daerah-daerah pengembangan. Bahkan, sebagian besar mereka terpaksa harus membeli air dari pedagang keliling,” katanya.

Yudi mengemukakan, apabila terjadi kelangkaan air bersih pihaknya meminta kepada setiap kelurahan yang rawan kekurangan air bersih segera melapor ke instansi terkait. Atas dasar laporan tersebut kemudian akan berkoordinasi dengan PDAM Kota Tegal untuk segera diberikan bantuan air bersih. “Apabila, pasokan dari PDAM masih kurang pihaknya juga akan koordinasi dengan instansi lain untuk meminta bantuan,” katanya.

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga perlu melakukan pemetaan terhadap titik-titik rawan kebakaran di Kota Tegal. Fasilitas pendukung seperti hidran juga harus dicek dengan baik dan yang sudah ada harus dipastikan dalam keadaan siap pakai. “Dengan demikian, apabila terjadi kebakaran bisa secepatnya dilakukan pemadaman,” ujarnya.(Wawan Hoed/Red2)

BERITA LAINNYA