Take a fresh look at your lifestyle.

Delapan Kades Akhiri Masa Jabatan

172

PEMALANG –  Sebanyak delapan Kepala Desa di Kabupaten Pemalang mengakhiri masa jabatannya Jumat (19/7) kemarin. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Tutuko Raharjo, melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Bagus Sutopo mengatakan untuk menjaga pelayanan kepada masyarakat desa sudah dipersiapkan penjabat sementara kepala desa (Pj).

Kedelapan Kepala Desa yang berakhir masa jabatannya antara lain Desa Gambuhan dan Pulosari di Kecamatan Pulosari, Cikadu Kecamatan Watukumpul, Karanganyar dan Pabuaran Kecamatan Bantarbolang, Bulu Kecamatan Petarukan kemudian Blendung dan Ketapang Kecamatan Ulujami.

“Sudah dilakukan proses penunjukan penjabat kepala desa kemudian juga sudah diajukan kepada Bupati dan tinggal dilantik,”jelas Bagus, kemarin.

Adapun mereka yang menjabat menjadi kepala desa menurut Bagus adalah usulan dari Badan Permusyaratan Desa (BPD). Usulan kemudian diajukan kepada Camat lalu Bupati mengesahkan.

Sementara ketentuannya untuk penjabat tersebut adalah harus dari aparatur sipil negara (ASN) tetapi tidak harus dari ASN staf kantor kecamatan.

Sedangkan untuk pengisian jabatan kepala desa definitif sendiri lanjut Bagus belum bisa ditentukan kapan akan dilakukan. Sebab rencananya pada tahun 2020 masih ada dua pilihan waktu untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa. Ada yang meminta dilakukan pada bulan April yakni sebelum digelarnya pemilkada atau setelahnya yakni pada bulan Oktober-Nopember.

Terpisah Camat Pulosari Ahmadi menjelaskan pada Junat kemarin melantik dua penjabat Kades. Antara lain Kosasih sebagai Pj Kades Pulosari dan Misbahul Munir Pj Gambuhan.

Kades Gambuhan yang berakhir masa jabatannya adalah Slamet Rahardi sementara Pulosari adalah Teguh. Adapun penjabat Kades Pulosari sehari-harinya adalah Kasubag Umum Kecamatan Pulosari sementara Misbahul Munir adalah Kasi PMD Kecamatan Pulosari.

(Ali/red38)

BERITA LAINNYA