Take a fresh look at your lifestyle.

Dekranasda Kota Tegal Terima Kunjungan Komisi II DPRD Provinsi Banten

79

TEGAL – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tegal menerima kunjungan kerja (Kunker) dari DPRD Provinsi Banten di sekretariat Dekranas Kota Tegal. Kunjungan tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi II, H. Muhsinin dan anggota komisi II DPRD Provinsi Banten serta Ketua Harian Dekranasda kota Tegal, Heru Setyawan, senin, (22/2).

Pada kesempatan itu, Heru mengatakan selamat datang di kota tegal untuk komisi II DPRD Provinsi Banten. Dekranasda merupakan ruang bagi para perajin dan pengusaha untuk mengembangkan potensi mereka lebih jauh. “kami berupaya menciptakan produk-produk terbaik melalui kreativitas perajin dengan program Produk Kriya Kreatif dan kompetensi yang mampu mengkokohkan Identitas dan budaya,”katanya.

Menurut Heru, selain sebagai tempat kegiatan atau kantor pengurus, sekretariat Dekranasda Kota Tegal juga menampilkan berbagai produk lokal Kota Tegal. “Bisa dilihat di sekretariat kami, ada beberapa produk IKM yang kami tampilkan yang di antaranya tenun goyor asli khas tegal, tas dari limbah, kapal dari lilitan koran, bunga dari kresek bekas.” ungkapnya.

Lanjut Heru, pada tanggal 26 Januari 2021 baru di launchingkan sekretariat dekranasda bahkan ada pekerjaaan baru yang belum di selesaikan yakni rencana papan nama yang di pagar pintu depan, “ Rencana – rencana itu kami masih mempersiapkannya, baik sekretariat maupun showroom ini masih kita kerjakan yang alhamdulilah di tahun 2021 ini kami mempunyai tempat yang tidak hanya mendisplay produk-produk IKM namun tempatnya cukup lumayan dan bisa di optimalkan.” Pungkasnya

Heru juga menyampaikan, UMKM Centre ini di inisiai oleh OJK Kota Tegal yang sengaja di desain sendiri oleh OJK menjadi 1 gedung dengan dekranasda kota Tegal sebagai pusat inkubasi bisnis peningkatan kapasitas SDM bagi kelembagaan bagi IKM maupun UMKM. “kalau IKM itu yang membina Disnakerin, mereka yang menjual apa yang mereka produk atau pelaku Industri, kalau UMKM itu dibina oleh dinas koperasi UKM dan Perdagangan kota Tegal.

Heru juga mengatakan, Dekranasda kota Tegal bersungguh-gungguh berkembang secara nyata, “sebagai contoh upaya kami dalam mengembangkan ini adalah berbagai penerimaan penghargaa. Salah satunya yakni Juara harapan 2 pembina terbaik award dan stand terbaik pameran kriya pada tahun 2018. Sampainya

Heru juga berharap, perlu dukungan dan dorongan baik dari pemerintah kota maupun pemerintah provinsi jawa tengah.”ini akan menjadikan motivasi dan acuan kita kedepan nantinya” tutup Heru.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, H. Muhsinin juga menyampaikan, kunjungan yang dilakukan DPRD Provinsi Banten adalah salah satunya untuk sharing program yang telah dilaksanakan Dekranasda Kota Tegal.” Tujuan kami kesini ingin sharing program saja, sebagaimana keberadaan Dekranasda bisa dirasakan betul manfaatnya untuk kemajuan dan kesejahteraan para pengrajin.” Ungkapnya.

Lanjut Muhsinin, pada prinsipnya DPRD Provinsi Banten adalah suatu mitra kerja dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian berupaya ingin mengetahu sejauh mana kegiatan-kegiatan UMKM yang di bina oleh dinas terkait.
“Dan ternyata hampir sama dan ada plus minusnya. Ini akan kami contoh dan kami bawa segala aktivitas dekranasda yang baik dan bagus ke provinsi banten dan mudah-mudahan akan memberikan motivasi para pengrajin di kota kami.”

BERITA LAINNYA