Take a fresh look at your lifestyle.

Dear : Segera Bentuk Satgas Nasional !!!

128

SURADADI – Kasus Virus Corona telah mewabah Indonesia terbukti belasan orang yang dinyatakan postif terpapar virus tersebut. Namun, hingga kini Pemerintah Pusat belum juga membuat Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Padahal, kondisi tersebut mendesak dilakukan sebelum sistim pertahanan nasional di bidang kesehatan jebol.

“Satgas nasional lintas kementrian sebagai sarana koordinasi lintas sektor secara nasional belum juga di bentuk pemerintah. Koordinasi Kemenkes juga belum maksimal. Jangan sampai keterlambatan ini menjadi indikasi akan jebolnya sistem pertahanan negara di bidang kesehatan,” kata Anggota DPR RI, Dewi Aryani saat hadir Sosialisasi Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat bersama Kemenkes RI di Gedung Azzahra Suradadi, Kabupaten Tegal, Jumat (13/3).

Anggota Komisi IX DPR RI itu menilai kasus Virus Corona saat ini menjadi isu seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan sudah semakin banyak pasien terduga terpapar virus tersebut di berbagai kota, termasuk di Kabupaten Tegal yang berpotensi tinggi masuknya virus tersebut melalui warganya yang bekerja ke luar negeri.

“Ini jadi tugas bersama baik Pemerintah Pusat, provinsi, dan daerah. Tapi, peran penting dari Pemerintah Pusat,” kata Anggota DPR RI Dapil IX meliputi Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes itu.

Anggota DPR RI yang akrab disapa Dear itu, meminta pemerintah segera membuat Inpres tentang penanganan Virus Corona. Tidak hanya kebijakan, namun juga penggelontoran anggaran untuk wabah nasional tersebut. Pasalnya, anggaran tersebut berada di Kemenkes RI, dan diharapkan semua rumah sakit di Indonesia untuk dilengkapi peralatan lengkap menangani pasien Corona. Namun masyarakat tidak perlu panik dan ketakutan, setidaknya harus tetap kdiwaspadai serta melakukan antisipasi melalui Germas Hidup Sehat.

“Dengan gerakan ini, kita bisa menghindari berbagai macam penyakit termasuk kemungkinan terpapar virus mematikan,” ujarnya.

Dijelaskan, Germas Hidup Sehat dengan slogan ‘Rakyat Sehat, Negara Kuat” jangan hanya jadi slogan. Akan tetapi, slogan itu direalisasikan dalam sistem penanganan berbagai penyakit secara komprehensif. Apalagi sekarang seluruh dunia sedang menuju krisis global akibat dampak wabah Covid-19. Selain itu, masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap menerapkan hidup sehat dan bersih. Cara mencegah yang paling mudah adalah sering mencuci tangan dan menggunakan masker jika sedang berada di tempat keramaian.

“Jaga kebersihan diri, kebersihan rumah dan lingkungan masing-masing. Jaga stamina dengan makanan bergizi seimbang dan banyak makan sayuran dan buah-buahan lokal,” himbaunya. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA