Take a fresh look at your lifestyle.

Datangi Jembatan Timbang, Pegiat Save Flyover Kretek Siap Adang Kendaraan Berat

* PM 6 Tahun 2019 Kerap Diabaikan

240

BUMIAYU– Pegiat Save Flyover Kretek mendatangi kantor Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau Jembatan Timbang Ajibarang,  di Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Rabu (1/4) sore.

Kedatangan mereka terkait truk gandeng bermuatan gandum yang mengalami rem blong hingga menewaskan tiga orang warga di Pagojengan, Kecamatan Paguyangan sehari sebelumnya atau Selasa (31/3).

Mereka yang datang ke jembatan timbang diantaranya Rohmat, Slamet Faka, Dedy Anjar, Muklis, Imam Santoso dan Urip Wibowo. Juga beberapa pegiat LBH Ferarri seperti Slamet Riyadi dan Andito.”Kami datang ke Jembatan Timbang Ajibarang ini untuk meminta klarifikasi mengapa truk over tonase masih bebas lewat Ajibarang-Prupuk,” kata Koordinator Save Flyover Kretek Rohmat.

Save Flyover Kretek, lanjut Rohmat, juga meminta agar Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 6/2019 tentang pengaturan lalu lintas di ruas jalan nasional Ajibarang-Prupuk dijalankan.”Peraturan menteri ini secara tegas melarang mobil barang dengan JBI lebih dari 8.000 kilogram melintasi jalur Ajibarang-Prupuk. Tapi prakteknya kendaraan berat sarat muatan masih bebas melintas,” kata Rohmat

Masyarakat, lanjut Rohmat, akan siap melakukan aksi jika peraturan menteri tersebut tetap saja diabaikan. Sebab, jika kendaraan berat dibiarkan bebas melintas maka rem blong akan terus mengintai warga.”Kami akan mengadang, mencegat kendaraan yang over tonase dari arah Ajibarang. Kami tidak ingin masyarakat Bumiayu terus menjadi korban,” tandasnya.

Koordinator Satuan Pelayanan UPPKB Ajibarang Suyanto mengatakan truk yang mengalami rem blong pada Selasa (31/3) tidak masuk jembatan timbang. Hal ini karena operasional jembatan timbang dihentikan sementara sejak 26 Maret.”Penghentian sementara operasional jembatan timbang ini mengacu pada surat Dirjen Perhubungan Darat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selama berhenti beroperasi, area jembatan timbang Ajibarang dimanfaatkan pemerintah daerah untuk pemantauan kendaraan dan pemeriksaan suhu badan penumpang dari arah Pantura yang masuk ke Banyumas.(Teguh Tribowo/red38)

BERITA LAINNYA