Take a fresh look at your lifestyle.

Dari Dolanan Tradisional hingga Bingkisan Ulang Tahun

116

* Kemeriahan HUT ke 74 RI
BUMIAYU– Perayaaan HUT ke 74 RI di berbagai desa wilayah selatan Kabupaten Brebes, berlangsung meriah.

Di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Brebes misalnya, anak anak diajak bermain permainan tradisional dalam gelaran Festival Dolanan Tradisional. Salah satunya adalah balap egrang, sebuah permainan yang saat ini sudah jarang dimainkan anak-anak. Festival yang digelar selepas Upacara HUT ke 74 RI di Lapangan Semangkung Desa Dawuhan tersebut diikuti antuasias oleh anak anak.

Selain egrang, juga ada lomba jayusan, ketapel, ketesan, ulukan, kubahan, rakit layangan dan conglak. Salah seorang panitia festival dolanan anak, Fatkhur Rozak mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kembali permainan-permainan tradisional kepada anak-anak.

Dengan memainkan permainan tradisional anak-anak diharapkan tidak kecanduan gadget. Kepala Desa Dawuhan Sudarsono menyambut baik gelaran Festival Dolanan Tradisional tersebut. Kedepan, pihaknya merencanakan kegiatan tersebut masuk dalam APBDes sehingga lebih semarak.”Ini salah satu kegiatan pelestarian dolanan anak. Banyak manfaatnya sehingga perlu didukung,” ujarnya.

Bingkisan Ulang Tahun

Jahri, salah satu penerima bingkisan ulang tahun dari Pemerintah Desa Wanatirta karena lahir tanggal 17 bulan Agustus.

 

Sementara di Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, 10 orang warga yang memiliki tanggal lahir 17 bulan Agustus mendapatkan kejutan dari pemerintah desa setempat. Usai upacara HUT Kemerdekaan RI, mereka dihadiahi bingkisan ulang tahun yang diserahkan oleh Ketua TP PKK Desa Wanatirta Muflika Turrofiah.

Salah seorang penerima bingkisan Jahri mengaku senang. Menurut dia, baru kali ini pemerintah desa memberikan perhatian kepada warga yang terlahir di 17 Agustus.”Terimakasih bapak kades dan ibu sudah memberikan bingkisan ulang tahun kepada kami,” ujar perangkat desa itu.

Kades Wanatirta Lukman Hakim mengatakan bingkisan tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah desa.”Sebenarnya dari pendataan ada lebih dari 10 orang. Tapi karena ada di perantauan mereka tidak bisa hadir,” kata Lukman yang menjabat kades sejak 15 Juli itu.

Untuk memeriahkan HUT ke 74 RI, Lukman menambahkan, juga digelar berbagai lomba. Salah satunya lomba Kebersihan, Keindahan, Keamanan (K3) antar RT. Dalam lomba tersebut, RT 13 RW 04 menjadi juara 1, untuk juara 2 dimenangkan RT 04 RW 04 dan juara 3 diraih oleh RT 05 RW 01.(Teguh Tribowo/ Red38)

BERITA LAINNYA