Take a fresh look at your lifestyle.

Dalam Dua Hari, Empat Jenazah Dimakamkan dengan Protokol Covid-19

124

BUMIAYU- Dalam dua hari berturut-turut, Minggu – Senin (6-7/12), empat warga di Kecamatan Bumiayu, Brebes meninggal dunia dan dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Bumiayu mengonfirmasi kabar duka tersebut.“Tiga jenazah diantaranya dimakamkan hari ini (Senin, 7/12). Sehari sebelumnya, satu pemakaman,” kata dia.

Menurut Camat Bumiayu tersebut, ke-empat jenazah yang dimakamkan tersebut terdiri wanita berusia 53 tahun dan laki-laki (55) asal Desa Kalierang. Keduanya berstatus positif Covid-19. Kemudian dua lainnya merupakan perempuan asal Desa Bumiayu. Masing-masing berstatus reaktif dan non reaktif berdasarkan rapid test.”Meskipun belum ada hasil swab, pemakaman tetap sesuai protokol Covid-19 berdasarkan saran dari petugas medis,” kata Eko.

Camat berharap kasus meninggalnya warga baik yang positif, suspect maupun probable Covid-19 menjadi peringatan bersama untuk semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan virus corona.“Protokol kesehatan harus betul betul ditaati. Harus selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan hindari kerumunan,” katanya.

Sementara Kepala Puskesmas Bumiayu dr Ali Budiarto mengatakan, rendahnya kedisiplinan akan protokol kesehatan menjadi salah satu penyebab naiknya kasus Covid-19.”Masih banyak warga mengabaikan masker. Ini membahayakan diri sendiri dan orang lain,” kata dia.

Untuk efektifitas pencegahan Covid-19, pihaknya memandang perlunya penerapan sanksi tegas kepada para pelanggar protokol kesehatan.”Kalau hanya sekadar himbauan, tidak efektif,” ujarnya.

Berdasarkan data di situs corona.brebeskab.go.id, sampai dengan Senin (7/121) jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Bumiayu ada 165 orang. Rinciannya 97 sembuh, 20 dirawat, 46 isolasi mandiri dan 2 meninggal dunia. Lalu kasus suspect ada 41 orang, dengan rincian 10 isolasi mandiri, 29 selesai pemantauan dan 2 meninggal dunia. Sedangkan kasus probable ada 3 orang dengan rincian selesai pemantauan 2 dan 1 meninggal dunia.(*)

BERITA LAINNYA