Take a fresh look at your lifestyle.

D3 Perhotelan PHB Tegal Gelar Kunjungan Industri

* Lulus Ditarget Kelola Hotel Internasional

123

TEGAL – Upaya meningkatkan kualitas lulusan yang siap pakai, dilakukan Prodi D3 erhotelan Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal. Salah satunya dengan menggelar ”Kunjungan Industri” di Semarang, pekan lalu.

Kegiatan yang diikuti 33 mahasiwa, dengan pendamping dari pihak yayasan, wakil direktur, dosen dan staf prodi, antara lain, dengan mengunjungi Gumaya Tower Hotel, Surya Boutique Hotel, dan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

KUNJUNGAN INDUSTRI : Sebanyak 33 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan PHB Tegal menyempatkan foto bersama di sela-sela kegiatan kunjungan industri di Semarang.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Ketua Prodi D3 Perhotelan perguruan tinggi vokasi itu, Drajat Edi Prasetiyo SE MMPar CHM mengatakan, program kunjungan tersebut, antara lain, bertujuan memberikan bekal wawasan mahasiswa pada semester awal, observasi bagaimana suasana dan kondisi industri, seperti industri perhotelan, secara langsung.

“Ini merupakan rangkaian praktik lapangan dari mata kuliah yang di D3 Perhotelan. Dengan melihat langsung, mahasiswa juga akan menimba ilmu tentang tata cara dibidang pelayanan. Seperti Table Manner,” terang dia.

Menurut dia, tata cara perjamuan makan secara international yang dilakukan di hotel berbintang lima, seperti di Gumaya Tower Hotel dan Surya Boutiqe Hotel, perlu diketahui dan dipraktikkan langsung para mahasiswanya. Itu pula sangat berkait dengan mata kuliah Hotel Etiquette dan Hotel Product Knowledge.

Mengelola Hotel

Dengan mengetahui secara langsung dan mempraktikkannya di lokasi kunjungan, diharapkan mahasiswanya memiliki bekal cukup.

Antara lain, bukan sebatas sebagai pelayan, tapi di top manager dengan memiliki kemampuan mengelola sebuah hotel kelas internasional.

”Jadi, lulusan prodi kami telah ditarget mampu mengelola hotel kelas internasional seperti hotel bintang lima,” ucap dia, didampingi Sekretaris Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Erwadi MKom, dan Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Arfan Haqiqi MKom, yang ikut dalam kegiatan kunjungan tersebut.

Menurut dia, berkunjung ke sejumlah hotel kelas internasional itu, dan melihat fasilitas, produk dan pelayanan (service) secara langung sesuai, berkait erat dengan mata kuliah Housekeeping dan Food and Beverage Service.

“Untuk memberi bekal lebih dan berkualitas, mahasiswa juga diajak observasi tentang proses pembuatan roti (bakery) di PT Nippon Industry Corpindo untuk mata kuliah Food Product”, ucap dia.

Hotel Manager Surya Boutique Hotel Semarang Mardi Tri Sutrisno SE mengatakan, pihaknya siap membuka kerjasama dengan perguruan tinggi itu. Dengan pelatihan dan praktik kerja lapangan untuk mahasiswa tersebut.

“Kami juga siap merekrut lulusan D3 Perhotelan perguruan tinggi ini, bila mahasiswa telah memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang telah ditentukan di tempat kami”, tandas Mardi Tri Sutrisno, yang juga Ketua Hotel Frontliner Assosiation (HFLA) Jateng DIY.

Dalam kunjungan tersebut, dosen pendamping yang ikut adalah, Puput Dewi Anggraini SSTPar MMPar, Tantri Adithia Sabrina SPd MMPar, Didik Virgiawan SKom MMPar, dan Sholati SPd MMPar. Serta dua staf prodi itu, Alieffety Tiara Ningrum dan Wahyu Fajar Ramadhan.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA