Take a fresh look at your lifestyle.

D3 Akuntansi PHB Tegal Buka Galeri Investasi

148

* Jadi Lab Bursa Efek Mahasiswa dan Umum

TEGAL – Upaya meningkatkan kualitas lulusan Prodi D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal, di bidang investasi penanaman modal melalui bursa efek, perguruan tinggi itu membuka ”Galeri Investasi”.

Fasilitas menarik yang berlokasi di Lantai II Gedung C, Kampus 1 perguruan tinggi itu, telah diresmikan bersama, Kepala Pengembangan Pasar PT Bursa Efek Indonesia Dedy Priadi, Head POEMS Syariah PT Phillip Sekuritas Indonesia Zainal Falah dan Kepala Otoritas Jasa Keungan Tegal Ludi Arlianto.

Ludi Arlianto merasa senang dan mendukung penuh kehadiran sarana bursa efek di kampus tersebut. ”Galeri Investasi sebagai center of knowledge untuk capital market, agar kita dapat mengetahui bagaimana investasi yang baik dan aman,” tandas dia.

Dia menjelaskan, OJK berfungsi untuk mengawasi aktivasi Galeri Investasi. Harapannya fasilitas pasar modal bursa efek yang baru dibuka agar dapat menjadi salah satu galeri terbaik.

Direktur PHB Tegal Mc Chambali BEng EE MKom mengatakan, dengan adanya fasilitas tersebut, siapa pun dapat berinvestasi menanamkan modalnya lewat bursa efek. Baik dari kalangan mahasiswa, dosen maupun masyarakat umum.

Fasilitas pasar modal bursa efek yang ada dikampusnya, kata dia, memang memiliki manfaat cukup banyak. Selain menjadi laboratorium dan praktik mahasiswanya, masyarakat umum atau kalangan usaha dapat memanfaatkannya.

Berpraktik Langsung

Mahasiswanya juga akan memiliki pengalaman berpraktik langsung di bidang investasi, menjadikan kualitas ketrampilan dan kemahirannya meningkat. Karena pola pengajarannya kini sudah meningkat.

Yakni dari semula 60 persen praktik dan 40 teori, kini berubah menjadi 70 persen praktik dan 30 persen teori. ”Jelas dengan banyak berlatih di fasilitas bursa efek pasar modal ini, ketrampilan dan kemahirannya akan meningkat,” ucap dia, didampingi Ketua Prodi D3 Akuntansi PHB Yeni Priatna Sari SE MSi AK CA, kemarin.

Mc Chambali menambahkan, saat sekarang sudah terbentuk Kelompok Studi Pasar Modal dari mahasiswa perguruan tingginya. Dia berharap ada dukungan dari masyarakat luas, Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, BUMN dan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tegal.

Sementara itu, Yeni Priatna Sari menyatakan bersyukur atas dibukanya Galeri Investasi di kampusnya oleh Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan bekerjasama dengan Phillip Securitas.

Fasilitas tersebut, menurut dia, menjadi para investor dari berbagai kalangan dapat memilih bertransaksi di pasar saham konvensional atau syariah.Untuk meningkatkan kualitas ketrampilan dan kemahiran mahasiswanya di pasar modal, prodinya juga akan menggelar kegiatan bersama GI PHB berupa seminar pasar modal, sekolah pasar modal, workshop pasar modal dan forum investor.

”Mahasiswa dan dosen maupun masyarakat umum yang tertarik dengan kegiatan investasi ini, dapat bergabung dalam forum Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM),” terang dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA