Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Virus Masuk Tegal, Mobil Keluar Tol Disemprot Disinfektan

188

ADIWERNA – Satuan Tugas (Satgas) Cegah Covid-19 Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tegal melakukan penyemprotan disinfektan ke mobil yang keluar dari pintu tol Tegal di wilayah Adiwerna, Selasa (24/3). Penyemprotan yang dikawal petugas Polres Tegal itu, dilakukan untuk pencegahan masuknya Virus Korona ke wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Satgas Cegah Covid-19 Ansor yang berjumlah 15 orang, dilengkapi dengan pakaian lengkap APD. Sebelum melakukan penyemprotan, para pengendara terlebih dahulu diberikan penjelasan kegiatan penyemprotan tersebut oleh petugas Polres Tegal. Penyemprotan dilakukan di seluruh bagian luar mobil. Banyak pengendara yang menyambut baik upaya tersebut.

“Semua mobil yang masuk ke Kabupaten Tegal, kami semprot dengan cairan disinfektan. Ini untuk mencegah penyebaran Virus Korona,” kata Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tegal, Nurfanani didampingi Komandan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Kabupaten Tegal M Mashadi Zaeni dan Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Polres Tegal, Iptu Zaenudin.

Nurfanani yang memimpin aksi tersebut mengatakan, penyemprotan sengaja dilakukan di Gerbang Exit Tol Tegal karena banyak kendaraan dari luar kota yang masuk ke daerah tersebut. Menurut dia, indikasi Virus Korona dapat tertular dari warga yang memiliki riwayat perjalanan jauh dari kota terjangkit. Karenanya, penyemprotan tidak hanya dilakukan terhadap mobil pribadi, tapi juga kendaraan truk dan niaga.

Nurfanani berharap, penyemprotan ini dapat menginisiasi pengelola Jalan Tol Trans Jawa untuk melakukan hal serupa, sehingga penyebaran Virus Korona dapat dicegah sebelum masuk ke daerah. Dia menambahkan, selain menyemprot cairan disinfektan di Gerbang Exit Tol, pihaknya juga melakukannya di fasilitas umum lainnya. Seperti Masjid Agung Slawi, Gedung PCNU, dan beberapa area kawasan publik di wilayah Kabupaten Tegal.

“Kami akan melakukan penyemprotan serentak di sejumlah tempat ibadah, pondok pesantren dan tempat umum lainnya dalam waktu dekat,” imbuhnya.

Kanit Turjawali Polres Tegal, Iptu Zaenudin mengaku sangat mengapresiasi langkah tersebut. Sejauh ini, belum pernah ada yang melakukan penyemprotan di kawasan Exit Tol. Diharapkan, penyemprotan cairan disinfektan ini bisa dilakukan secara rutin.

“Ini bisa memutus mata rantai penyebaran Virus Korona di Kabupaten Tegal,” tandasnya.

Salah satu pengendara asal Bandung, Mugianto yang keluar exit Tol Adiwerna mengaku khawatir dengan penyebaran virus tersebut. Dirinya yang hendak ke wilayah Kota Tegal, baru mendapati penyemprotan selama perjalanan melalui Tol. Diharapkan, kegiatan itu juga dilakukan di pintu Tol lainnya.

“Saya acungi jempol dengan penyemprotan ini,” katanya. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA