Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Penyebaran Covid-19, Satpol PP Bubarkan Pedagang Balaikota Lama

335

TEGAL – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP ) Kota Tegal membubarkan puluhan pedagang yang berjualan di kawasan Balaikota Lama, Jalan Pemuda, Minggu (29/3) siang. Hal itu dilakukan, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Kepala Satpol PP Kota Tegal, Joko Sukur mengatakan, pembubaran massa dilakukan, setelah diterimanya laporan dari masyarakat. Dimana pada pelataran Gedung DPRD dan Kantor POS tersebut terjadi kerumunan massa dalam bentuk pasar tiban.

Atas laporan tersebut, pihaknya bergegas menuju lokasi yang dimaksud dan meminta para pedagang untuk mengemasi barang dagangannya. Mereka diharap melakukan social distancing dan tidak melakukan aktivitas dengan bergerombol.

“Kita beri himbauan Maklumat Kapolri perihal pencegahan Covid-19 sembari meminta pedagang untuk pulang,” pungkas Joko.

Meski sempat bersitegang, akhirnya para pedagang dengan suka rela mengemasi jualannya dan meninggalkan lokasi Balaikota lama.

Ditambahkan Joko, selain di kawasan Balaikota lama, pihaknya juga melakukan monitoring di beberapa tempat yang biasa digunakan sebagai pasar tiban setiap hari Minggu.

“Tidak di sini saja, kami juga sudah memonitoring kawasan Lapangan Tegal Selatan dan GOR Wisanggeni sudah kosong, tidak ada yang berjualan,” imbuhnya.

Sementara salah seorang pedagang yang tak mau disebut identitasnya mengemukakan, pada prinsipnya seluruh pedagang satu hati dengan kebijakan pemerintah. Hanya saja, mereka meminta pemerintah untuk bisa diberikan solusi.

Terlebih, para pedagang hanya menggantungkan hidupnya dari hasil berjualan. Di lain sisi, mereka juga khawatir terpapar virus mematikan tersebut.

“Dibilang takut, kami semua takut. Kalau disuruh di rumah dan tidak berjualan, keluarga kami bagaimana. Sementara penghasilan kami ya satu-satunya dari jualan,” tegasnya. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA