Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Penyebaran Covid-19, 66 Napi di Lapas Brebes Bebas Bersyarat

175

BREBES – Sebanyak 66 narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kabupaten Brebes, akan dibebaskan bersyarat. Itu menyusul  adanya Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 10 Tahun 2020, tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Virus Korona (Covid-19).

Kepala Lapas Kelas II Kabupaten Brebes Andi Mohammad mengatakan, total napi yang ada di Lapas Brebes saat ini ada sebanyak 290 orang. Sebagai tindaklanjut Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020, dari jumlah itu ada sebanyak 66 napi yang akan mendapatkan pembebasan. Mereka merupakan napi yang telah memenuhi syarat sesuai peraturan tersebut.

” Totalnya ada 66 napi di sini (Lapas Brebes-red) yang akan dibebaskan sesuai peraturan ini. Kemarin, sudah ada 25 napi yang kami proses bebas bersyaratnya ini. Hari ini, ada 41 Napi yang juga kami lakukan proses pembebasannya,” ungkap dia, Kamis (2/4).

Menurut dia, ada beberapa syarat yang akan diberlakukan dalam pembebasan tersebut. Salah satu, syaratnya, napi yang akan bebas merupakan kasus pidana umum. “Sesuai aturan, napi yang bebas ini dari kasus pidana umum, bukan napi dari kasus korupai, narkoba atau teroris,” tandasnya.

Persyaratan lainnya, lanjut dia, Napi yang mendapatkan pembebasan tersebut sudah menjalankan 2/3 masa kurungan maksimal sampai 31 Desember mendatang. Di samping itu, ada beberapa syarat lain, seperti berkelakuan baik selama menjalani hukuman. “Jika semua syarat ini terpenuhi, maka Napi akan mendapat pembebasan bersyarat ini,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

 

BERITA LAINNYA