Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Paham Radikalisme, Satuan Intelkam Sambangi Komunitas Pemuda

104

PEKALONGAN – Satuan Intelkam Polres Pekalongan Kota melakukan penggalangan sejumlah tokoh maupun kelompok, termasuk kelompok atau organisasi pemuda, dalam rangka mengajak untuk turut serta mencegah berkembangnya paham radikal, pro ISIS, maupun paham lain di Indonesia, khususnya di wilayah Kota Pekalongan. Salah satunya, dengan menyambangi salah satu organisasi pemuda di Kota Pekalongan, Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Raden Fatah Kota Pekalongan, Rabu (29/7).

Kegiatan dilakukan oleh Kanit V Sat Intelkam, Aiptu Sarjo, bersama anggotanya. Selain mengajak untuk bersama-sama mencegah paham radikal, kegiatan tersebut juga dalam rangka sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, disertai pemberian sembako untuk membantu meringankan beban warga terdampak Covid-19.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez, melalui Kasat Intelkam AKP Mohammad Bisri SE, menjelaskan, pihaknya secara rutin turun langsung ke berbagai kalangan masyarakat, seperti tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, maupun organisasi kepemudaan.

Berbagai upaya dilakukan dalam mencegah paham radikalisme termasuk pula mencegah gerakan pro ISIS, dalam bentuk penyuluhan dan imbauan ke kelompok masyarakat maupun individu. “Kita juga ajak mereka untuk ayo bersama-sama menciptakan situasi aman, damai, kondusif di wilayah hukum Kota Pekalongan khususnya,” tegasnya.

Pihaknya menambahkan, Paham Radikalisme dan Paham ISIS, dan paham teror harus dicegah, jangan sampai berkembang di Indonesia karena mengancam keutuhan NKRI. Pencegahan dimaksud, lanjut dia, tentunya butuh dukungan masyarakat. Oleh sebab itu,

Sat Intelkam Polres Pekalongan Kota terus berperan aktif dalam melaksanakan deteksi dini serta menggali informasi di masyarakat terkait segala hal yang bisa menimbulkan gangguan Kamtibmas maupun kondusivitas wilayah. “Mari bersama-sama ciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kota Pekalongan,” pungkas AKP Mohamad Bisri. (Kuswandi/Red9).

BERITA LAINNYA