Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Kerumunan, Enam Fasilitas Umum di Slawi Ditutup

48

SLAWI– Sejumlah tempat wisata dan fasilitas umum di Kabupaten Tegal ditutup menjelang tahun baru 2021. Penutupan dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan warga dan mengantisipasi peningkatan penularan corona virus disease 2019 di Kabupaten Tegal, Pemkab Tegal.

Dari pemantauan di lapangan, fasilitas umum yang biasanya banyak dikunjungi warga,seperti Alun-alun Hanggawana Slawi, Alun-alun Rumah Dinas Bupati, Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA), Taman Bungah, Taman Poci GBN Procot dan kawasan GOR Trisanja ditutup dengan water barrier sejak Kamis (31/12) sore.

Tempat yang biasanya ramai dengan pedagang kaki lima dan warga terlihat sepi. Pada malam hari tempat tersebut juga terlihat gelap karena lampu taman dan penerangan dimatikan. Penutupan tempat umum itu diberitahukan kepada warga melalui spanduk yang dipasang di lokasi.
Suasana pergantian tahun tak luput dari pantauan Bupati Tegal, Umi Azizah. Pada Kamis malam, Umi bersama Forkopimda melakukan pantauan ke sejumlah lokasi. Turut dalam tinjauan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono, Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, Wakapolres Tegal Kompol Muhammad Faisal Perdana, Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal, Suharinto serta perwakilan Kodim 0712/Tegal.

“Alhamdulillah dari titik yang kita tinjau mulai dari Terminal Dukuh Salam, Rest Area Penarukan, Exit Tol Adiwerna dan sepanjang jalan di wilayah Kabupaten Tegal semuanya aman kondusif. Di Terminal Dukuh Salam juga kedatangan pemudik tidak terlalu ramai, biasa-biasa saja,” kata Umi.

Umi menyebutkan, sebagai antisipasi peningkatan penularan corona virus disease 2019 di Kabupaten Tegal, Pemkab Tegal mengambil sejumlah langkah pencegahan. Sesuai Surat Edaran Bupati Tegal Nomor 4988 Tahun 2020, Pemkab Tegal menutup tempat wisata seperti Wisata Guci, Wisata Purwahamba Indah, Wisata Cacaban, dan tempat wisata yang dikelola ole pemerintah Desa/Bumdes.
Selain itu, menutup fasilitas umum yang dapat menimbulkan kerumunan massa,yakni, Alun-alun Hanggawana Slawi, Alun-alun Rumah Dinas Bupati, Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA), Taman Bungah, Taman Poci GBN Procot dan GOR Trisanja. Penutupan dilakukan tanggal 30 Desember 2020 dan tanggal 31 Desember 2020 mulai pukul 17.00 sampai dengan 06.00.
“Jauh-jauh hari sudah kami sosialisasikan ke masyarakat baik melalui media sosial serta spanduk diberbagai sudut dan lokasi wisata,” tutur Umi.

Sementara itu, Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang mengatakan, untuk pengamanan malam pergantian tahun 2021, pihaknya telah menerjukan 288 personil dengan dibantu unsur TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, PMI dan BPBD Kabupaten Tegal. Menurut Iqbal dari laporan petugas yang berjaga di wilayah Kabupaten Tegal semuanya terpantau kondusif.

“Kita lakukan pengamanan secara ketat. Salah satunya adalah enam titik yang menjadi sasaran utama berpotensi menimbulkan kerumunan, yaitu Alun-alun Hanggawana Slawi, Alun-alun Rumdin Bupati Tegal, Taman Rakyat Slawi, Taman Bungah, GBN Procot serta area GOR Tri Sanja Slawi,” jelas Iqbal.

Iqbal menegaskan, apabila dalam pemantaun di lapangan, ditemukan masyarakat yang melakukan kegiatan atau aktifitas yang menimbulkan kerumunan, akan dibubarkan langsung oleh tim yang bertugas, termasuk kegiatan konvoi. “Intinya jika ada kerumunan kami akan ingatkan dan langsung bubarkan,” tegasnya.

Hal ini juga ditegaskan Iqbal saat memimpin apel pengamanan tahun baru 2021 di Mapolres Tegal Kamis sore.
Sementara itu, Kanit Dikyasa Polres Tegal, Ipda Andi Susanto, saat ditemui memasang water barrier bersama anggota Satlantas di Alun-alun Hanggawana Slawi mengatakan, untuk mencegah kerumunan massa, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di lima lokasi. Yakni Alun-alun Hanggawana Slawi, Alun-alun rumah Dinas Bupati, Trasa, GBN, dan GOR Trisanja.

“Rekayasa yang kami lakukan adalah pemasangan water barrier di lima lokasi, sehingga masyarakat diharapkan tidak melakukan kegiatan kerumunan di malam pergantian tahun,”jelasnya.
Menurut Andi, penutupan sudah dilaksanakan Kamis pukul 17.00 dan akan dibuka pukul 06.00 atau melihat situasi kondisi. (*)

BERITA LAINNYA