Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Corona, 5.000 Jamu Dibagikan

169

KAJEN- Guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Pekalongan, sebanyak 5.000 jamu dibagikan oleh anggota DPR RI dari fraksi PDIP Dede Indra Permana bersama Departemen Wanita DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pekalongan kemarin.

“Ada sekitar 5.000 botol jamu dibagikan ke masyarakat Kabupaten Pekalongan. Harapannya untuk memperkuat sistem imun tubuh pada saat wabah virus corona,” kata Ketua Depwan DPC PDIP Kabupaten Pekalongan Widi Rohwati di kantor DPC PDIP Kabupaten Pekalongan, kemarin.

Ia mengungkapkan, proses pembuatan jamu ini tidak sulit karena tinggal merebus bahan-bahan yang sudah diracik. Bahan yang digunakanpun berasal dari tanaman herbal mudah ditemukan di sekeliling lingkungan seperti jahe, kunyit dan temulawak.

“Kami memanfaatkan apotek hidup yang ada di desa. Bahan-bahan yang digunakan yaitu, temulawak, jahe, kunir, sereh, kayu manis, dan gula aren. Semua bahan-bahan jamu yang digunakan kami tidak membelinya hanya mengambil di apotek hidup yang ada di pekarangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Dede Indra Permana mengatakan, kegiatan bakti sosial ini digelar secara serentak yang dilaksanakan di Dapil X Jateng dan terpusat di Kabupaten Pekalongan.

“Selain membagikan jamu, kami juga menyalurkan ember cuci tangan, masker dan hand sanitizer yang dibagikan di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan,” jelasnya.

Dia menambahkan, rencananya kegiatan serupa akan terus dilanjutkan kembali. “Guna mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 ini, masyarakat saya imbau untuk menjaga jarak dahulu atau social distancing, rajin cuci tangan, olahraga, makan teratur, dan istirahat yang cukup. Jangan lupa berjemur pagi dan selama bersosial upayakan selalu menjaga jarak 1 meter saat berkomunikasi serta hindari bersin-bersin maupun batuk di depan orang,” tandasnya. (Siti Masithoh)

BERITA LAINNYA