Take a fresh look at your lifestyle.

Capai WTP, Pemkab Terus Genjot Tata Kelola Aset

141

BREBES – Pemkab Brebes kini terus menggenjot tata kelola aset di jajarannya. Langkah itu dilakukan dalam upaya menuju opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Salah satunya, melalui serah terima gedung Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Brebes, di kompleks Islamic Center kepada Pemkab Brebes.

Di sisi lain, Pemkab Brebes memberikan hibah tanah seluas 1 hektar kepada Kementerian Agama (Kemenag) untuk digunakan MA N 1 Brebes. Serah terima aset dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Lahir (harlah) ke-37 MAN 1 Brebes, Selasa (18/2).

Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan, serah terima aset itu merupakan bagian dari upaya menata aset yang dimiliki Pemkab Brebes. Langkah itu juga sebagai upaya Pemkab dalam mendapatkan opini WTP dari BPK. Sebab, persoalan aset yang saat ini masih menjadi kendala, sehingga WTP belum bisa diraih. “Melalui langkah ini, diharapkan aset daerah semakin tertata. Saya juga mengucapkan selamat atas Harlah ke-37 MAN 1 Brebes, semoga semakin maju dan berkembang serta berkualitas,” ucapnya.

Sementara, Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kementrain Agama Republik Indonesia, Moh Ali Irfan menjelaskan, penyerahan aset antara Pemkab dan Kemenag sama sekali tidak menyalahi aturan Itu karena tidak mengurangi atau menghilangkan sebuah aset negara. Melainkan, hanya mengalih tempatkan tata administrasinya saja. “Predikat WTP akan sulit dicapai Brebes, jika penataan masalah aset masih carut marut. Untuk itu, perlu melakukan koordinasi yang baik dalam penanganan aset, salah satu hasil kordinasi yang baik tersebut yaitu kegiatan serah terima aset dan hibah yang dilaksanakan pada hari ini,” ungkapnya.

Ia juga mengajak, jajaran Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes untuk bersukur atas diterimanya tanah hibah seluas 1 hektar dari Pemkab Brebes. “Ini kado istimewa, yang akan mendatangkan keberkahan dan pahalanya tidak terputus putus karena lahan ini bisa mencetak anak yang saleh dan tumbuhnya ilmu yang bermanfaat,” pungkasnya.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA