Take a fresh look at your lifestyle.

Camat Tegal Timur Usulkan Gagasan Dongkrak PAD Lewat Pengoptimalan Lahan

111

TEGAL – Sejumlah gagasan diusulkan Camat Tegal Timur, Dorres Indrian Nugroho kepada Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono untuk memperoleh tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengoptimalan lahan.

Hal itu disampaikan Dorres, saat Wali Kota didampingi Sekretaris Daerah, Drs Johardi dan sejumlah kepala OPD melakukan pembinaan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Wilayah Kecamatan Tegal Timur, Senin (8/3) kemarin.

Menurutnya, banyak lahan di wilayah Kecamatan Tegal Timur yang dapat dikelola untuk memperoleh suntikan PAD. Seperti diantaranya, pemanfaatan lahan bekas Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina menjadi sentra kuliner, pemanfaatan Gedung SCS atau Birao di Kawasan Taman Pancasila.

“Kami juga ingin nantinya dibuat jalan alternatif sebagai pemecah arus di Jembatan Langon menuju Jalur Pantura. Konsepnya hampir sama dengan Banjir Kanal Barat di Semarang,” ungkapnya.

Potensi lain yang perlu disentuh yakni pengelolaan sejumlah Objek Wisata Pantai. Diketahui, saat ini terdapat tiga pantai yang dikelola oleh Pokdarwis. Seperti OW Pantai Pulo Kodok, Pantai Batamsari dan Pantai Pulo Komodo.

Selaras dengan gagasan tersebut, Wali Kota meminta para ASN untuk terus berinovasi sekaligus melihat potensi di wilayah Tegal Timur sehingga dapat dimanfaatkan.

Dedy Yon mengatakan, selain gagasan untuk mengelola beberapa lahan yang disebutkan Dorres, terdapat beberapa tempat lain yang bisa dikelola. Seperti Water Leideng PDAM, Taman Pancasila, Stasiun Tegal dan GOR Wisanggeni.

“Koordinasikan dengan Dinas terkait, jika memang itu menjadi potensi untuk menambah PAD. Karena memang pendapatan PAD terbesar Kota Tegal ada di Tegal Timur,” tukasnya. (*)

BERITA LAINNYA